PENERAPAN BIAYA MUTU PADA PERUSAHAAN( STUDI KASUS PADA PT. INDUSTRI SANDANG NUSANTARA UNIT GRATI)

NANANG DWI HERRIYANTO

Abstract



Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha menghasilkan benang untuk perajutan dan pertenunan, dengan judul ?Penerapan Biaya Mutu Pada Perusahaan PT. Industri Sandang Nusantara (Unit Grati)?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan biaya mutu pada perusahaan PT. Industri Sandang Nusantara (Unit Grati).
Untuk analisa data penelitian ini, peneliti menggunakan deskripsi mengenai biaya mutu sebagai berikut, yaitu: biaya pencegahan (prevention cost), biaya penilaian (appraisal cost), biaya kegagalan internal (internal failure cost), biaya kegagalan eksternal (eksternal failure cost). Sedangkan langkah-langkah untuk mengetahui penerapan biaya mutu pada perusahaan adalah sebagai berikut:
1.mendiskripsikan biaya kualitas, yaitu: biaya pencegahan (prevention cost), biaya penilaian (appraisal cost), biaya kegagalan internal (internal failure cost), biaya kegagalan eksternal (eksternal failure cost).
2.mengidentifikasi dan mengklasifikasikan komponen biaya mutu yang terdapat pada obyek penelitian.
3.membuat laporan biaya kualitas.
Dari hasil penelitian penerapan biaya mutu, tampak bahwa perusahaan belum mengidentifikasi dan mengklasifikasi biaya mutu secara khusus. Hanya sebagian kecil komponen biaya mutu saja yang sudah diidentifikasi dan diklasifikasi. Selain itu, pihak perusahaan belum membuat laporan biaya mutu secara khusus. Jadi dapat disimpulkan bahwa perusahaan telah menerapkan sistem pengendalian mutu terpadu dan manajemen mutu terpadu ISO 9002 tetapi belum mengidentifikasi dan mengklasifikasi biaya mutu secara khusus.

 

Keyword : BIAYA MUTU; PERUSAHAAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/18/jiptummpp-gdl-s1-2004-nanangdwih-852-Pendahul-n.pdf


Keywords


BIAYA MUTU; PERUSAHAAN