EVALUASI ATAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA PERUM PEGADAIAN CABANG KOTALAMA MALANG

Husni Thamrin

Abstract


Sistem pengendalian intern merupakan bagian integral dari sistem yang baik, yang didalamnya mencakup suatu struktur organisasi yang memisahkan tugas dan tanggung jawab fungsional, sistem wewenang dan prosedur yang baik, adanya praktek yang sehat dalam menjalankan tugas didalam organisasi serta adanya pegawai yang cakap yang sesuai dengan tanggungjawabnya. Sistem pengendalian intern yang baik akan mengurangi pemborosan, kecurangan dan ketidakefisienan dan dapat dipercayainya data akuntansi, mendorong ditaati dan dilaksanakannya kebijakan perusahaan dan meningkatkan efisiensi. Sistem pengendalian intern tersebut akan berada dan mempengaruhi semua kegiatan perusahaan.
Berkaitan dengan sistem pengendalian intern tersebut, penelitian ini mengambil judul ?Evaluasi Atas Sistem Pengendalian Intern Terhadap Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada Perum Pegadaian Cabang Kotalama Malang?. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan menilai efektivitas sistem pengendalian intern terhadap penerimaan dan pengeluaran kas, dan (2) untuk mengetahui sistem pengendalian intern yang baik pada penerimaan dan pengeluaran kas. Penelitian ini dirancang secara studi kasus dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan wawancara dari data sekunder dan teknik analisis data penjabaran dan evaluasi terhadap pelaksanaan sistem pengendalian intern penerimaan dan pengeluaran kas di Perum Pegadaian Cabang Kotalama Malang.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa adanya permasalahan berkaitan dengan Formulir Laporan Harian Kas yang kurang informatif, belum adanya petugas pengawas untuk bagian penaksir dan kurang menguasai petugas penaksir barang jaminan serta belum dibuatkan prosedur yang jelas dan sederhana terhadap penerimaan dan pengeluaran kas. Akibat adanya permasalahan tersebut adalah nomor bukti tidak menunjukkan transaksi kas apa yang terjadi, mengingat tidak ada rincian transaksi kas, dan memungkinkan terjadinya penyelewengan yang dapat dilakukan pencatat Formulir Laporan Harian Kas dan petugas penkasir terkadang kurang berani memastikan nilai taksiran barang jaminan nasabah.
Dari adanya permasalahan di atas, maka penulis memberikan saran kepada pihak Perum Pegadaian Cabang Kotalama Malang yaitu (1) meninjau kembali terhadap Formulir Laporan Harian Kas (prosedur penerimaan dan pengeluaran kas) untuk mengetahui tingkat keefektifan dalam memperoleh dan mempergunakan formulir tersebut. (2) perlu adanya petugas khusus dibagian pengontrol atau pengawas penaksiran barang jaminan dan pemberian yang lebih intensif tentang penaksiran barang jaminan di bagian penaksir, dan (3) perlu dibuatkan prosedur penerimaan dan pengeluaran kas yang lebih sederhana dan jelas.

 

Keyword : PENGENDALIAN INTERN; PENERIMAAN PENGELUARAN KAS; PERUM PEGADAIAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/18/jiptummpp-gdl-s1-2004-husnithamr-865-Pendahul-n.pdf


Keywords


PENGENDALIAN INTERN; PENERIMAAN PENGELUARAN KAS; PERUM PEGADAIAN