ANALISIS PEMILIHAN ALTERNATIF PEMBIAYAAN DENGAN LEASING ATAU PINJAMAN BANK DALAM RANGKA EKSPANSI PADA PERUSAHAAN TAKSI KOSTI SOLO

Amalia Wulandari

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaanTaksi Kosti Solo dengan judul “Analisis Pemilihan Alternatif Pembiayaan dengan Leasing atau Pinjaman Bank dalam Rangka Ekspansi pada Perusahaan Taksi Kosti Solo.”Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membandingkan pembiayaan mana yang lebih efektif dalam melaksanakan ekspansi dengan leasing atau pinjaman bank yang diterapkan oleh Perusahaan Taksi Kosti Solo.Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode analisis sebagai berikut:
Analisis produktivitas usaha, yaitu untuk mengetahui seberapa jauh jumlah kapasitas perusahaan dapat memenuhi permintaan. Analisis ini terdiri dari analisis penggunaan kapasitas, analisis least square dan analisis selisih, analisis keuangan perusahaan yang terediri dari analisis likuiditas, solvabilitas, rentabilitas dan analisis kelayakan sumber pembelanjaan ekspansi.Hasil evaluasi yang telah dilakukan penulis terhadap perusahaan adalah bahwa permintaan perusahaan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, namun perusahaan belum bisa memenuhi permintaan tersebut karena terbatasnya jumlah aktiva tetap (unit taksi) yang dimiliki perusahaan. Hal ini sangat merugikan perusahaan apabila perusahaan tidak menambah aktiva tetapnya. Salah satu usaha adalah dengan melakukan ekspansi dengan menambah jumlah unit armada taksi. Untuk membiayai dua alternatif pembiayaan yaitu dengan pinjaman bank atau leasing.Analisis cash out flow perusahaan sebaiknya menggunakan sumber dana leasing dalam upaya penambahan aktiva tetapnya. Pembiayaan ini menguntungkan bagi perusahaan karena dengan pembiayaan leasing maka perusahaan bisa menghemat pajak yang dibayarkan dan pengeluaran bersih lebih bisa ditekan jika dibandingkan dengan pinjaman bank.Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa apabila perusahaan melakukan ekspansi dengan leasing, perusahaan harus meningkatkan efektifitas dari kegiatan usahanya. Hal ini dimaksudkan agar diperoleh output yang lebih besar guna mencapai target perusahaan sehingga mampu memenuhi permintaan.

 

Keyword : Analisis perusahaan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/18/jiptummpp-gdl-s1-2004-amaliawula-899-pendahul-n.pdf


Keywords


Analisis perusahaan