PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA DEPOSITO TERHADAP HARGA SAHAM(Studi pada Perusahaan Rokok PT. HM. Sampoerna Tbk. di Bursa Efek Jakarta)

RINI RISTIANA

Abstract


Penelitian ini merupakan suatu kajian pada PT. HM. Sampoerna Tbk. Dengan judul Pengaruh Tingkat Suku Bunga Deposito Terhadap Harga Saham PT. HM Sampoerna Tbk.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Tingkat Suku Bunga Deposito Terhadap Harga Saham PT. HM Sampoerna Tbk di Bursa Efek Jakarta, dan untuk mengetahui signifikansi Pengaruh Tingkat Suku Bunga Deposito Terhadap Harga Saham PT. HM Sampoerna Tbk.
Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh adalah dengan regresi sederhana, untuk menguji signifikansi adalah dengan uji T. Tingkat Suku Bunga Deposoto adalah besarnya persentase suku bunga deposito per bulan pada deposito berjangka tiga bulan di Bank Indonesia selama tahun 2000 sampai dengan 2001, dan harga saham adalah harga penutupan saham PT. HM Sampoerna Tbk di Bursa Efek Jakarta pada tahun yang sama.Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang negatif antara perubahan Tingkat Suku Bunga Deposito Dengan Harga Saham PT. HM Sampoerna Tbk, yaitu setiap penambahan satu satuan ( %) Tingkat Suku Bunga Deposito Berjangka, rata-rata akan menurunkan harga penutupan saham PT. HM Sampoerna Tbk di Bursa Efek Jakarta selama tahun 2000 sampai dengan 200, sebanyak 696,026 satuan ( Rp). Berdasarkan uji T telah terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara perubahan Tingkat Suku Bunga Deposito Dengan Perubahan Harga Penutupan Saham PT. HM Sampoerna Tbk di Bursa Efek Jakarta.
Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini untuk lebih meningkatkan pengetahuan bagi investor maupun calon investor, dan sebaiknya pihak Pojok Bursa Efek Jakarta Universitas Brawijaya Malang agar lebih melengkapi data yang berhubungan dengan emiten.

 

Keyword : Suku bunga; Sampoerna

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/22/jiptummpp-gdl-s1-2004-riniristia-1065-pendahul-+.pdf


Keywords


Suku bunga; Sampoerna