BUDGET BIAYA PRODUKSI SEBAGAI SALAH SATU ALAT PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA CV. FAIZA BORDIR BANGIL

Mutliatur Rizqa

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada CV. Faiza Bordir dengan judul ?Budget Biaya Produksi Sebagai Salah Satu Alat Perencanaan Dan Pengendalian Pada CV. Faiza Bordir?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana perusahaan dalam melakukan suatu perencanaan dan pengendalian terhadap biaya produksi dan untuk mengetahui budget biaya produksi dalam upaya mengukur efisiensi biaya produksi.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode analisis data yang berbentuk analisis kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Akuntansi. Analisa yang digunakan meliputi analisa (forecasting) atau peramalan penjualan, kemudian melakukan analisa atas sistem penyusunan budget biaya produksi yang berlaku yang menggunakan pendekatan partisipasif. Sedangkan untuk mengetahui efisiensi budget yang digunakan sebagai perencanaan dan pengendalian yaitu dengan anlaisa varians (analisa selisih).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa budget biaya produksi yang diterapkan pada perusahaan sudah terarah dengan baik dan terprogram serta mengikuti prosedur penyusunan anggaran yang berlaku. Dari hasil analisa dapat diketahui permalan penjualan pakaian wanita untuk tahun berikutnya (tahun 2002) adalah sejumlah 5072 potong. Sedangkan untuk analisis selisih untuk mengetahui efisiensi (tahun 2001) atas budget dan realisasi adalah sebagai berikut untuk selisih bahan baku Rp 29.828.100,00 selisih biaya tenaga kerja langsung Rp 3.972.500,00 dan selisih BOP sebesar Rp 1.383.000,00. Secara keseluruhan selisih yang didapat adalah menguntungkan (favorable).
Berdasarkan kesimpulan diatas maka penulis memberikan saran bahwa sebaiknya CV. Faiza Bordir selalu menggunakan budget sebagai alat perencanaan dan pengendalian dalam penyusunan biaya produksi.

 

Keyword : BIAYA PRODUKSI; PERENCANAAN; PENGENDALIAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/14/jiptummpp-gdl-s1-2004-mutliaturr-682-Pendahul-n.pdf


Keywords


BIAYA PRODUKSI; PERENCANAAN; PENGENDALIAN