PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA DEPOSITO TERHADAP HARGA SAHAM (Study Pada Perusahaan Rokok PT. HM Sampoerna.Tbkdi Bursa Efek Jakarta)

Rini Ristiana

Abstract


Bahwa nilai kurs rupiah pada Dollar Amerika berpengaruh secara signifikan terhadap IHSG, dan nilai kurs rupiah pada Dollar Amerika berpengaruh secara signifikan terhadap nilai transaksi saham. Alat analisis yang digunakan dalam penelitiannya adalah regresi linier sederhana. Untuk mengetahui atau menguji hipotesis tersebut maka penulis menggunakan Uji Student (uji t).
Hasil perhitungan dnegan alat analisis regresi linier sederhana, mengahsilkan nilai thitung sebesar ? 4,519 untuk persamaan I dan ? 3,847 untuk persamaan II, kedua nilai thitung tersebut lebih kecil dari ? 2,000 t tabel. Berarti nilai tHitung berada pada daerah penolakan Ho. Sedangkan koefesien determinasinya diperoleh nilei sebesar 0,2445 untuk persamaan I dan nilai sebesar 0,1870 untuk persamaan II.
Dari hasil penelitian tersebut maka dapat diketahui nilai kurs rupiah pada Dollar Amerika berpengaruh secara signifikan terhadap IHSG dan nilai transaksi saham. Namun demikian pengaruh/signifikan kecil nilainya. Faktor-faktornya di luar pengamatan tenyata berpengaruh lebih dominan.

 

Keyword : Saham; Suku Bunga

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/14/jiptummpp-gdl-s1-2004-riniristia-691-Pendahul-n.pdf


Keywords


Saham; Suku Bunga