APLIKASI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN MANAJEMEN (Studi Kasus)

Ari Wisnu Andariyono

Abstract


Sesuai dengan judul yang diambil penulis, jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian studi kasus, yaitu penelitian yang dilakukan terhadap suatu perusahan dengan menggunakan observasi terhadap objek penelitian yang dipilih dan mendapatkan keterangan selengkap mungkin serta kemudian dianalisis dan mencoba memberikan alternatif-alternatif pemecahan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem akuntansi pertanggungjawaban yang sesuai dengan sifat kegiatan pada PT Matahari Departemen Store Tunjungan Plasa Surabaya serta mengetahui apakah sistem tersebut dapat digunakan sebagai alat pengendalian manajemen pada PT Matahari Departemen Store Tunjungan Plasa Surabaya.
Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi lapangan melalui wawancara serta dokumenter. Sedangkan tehnik analisa data yang digunakan adalah analisa kualitatif dan kuantitatif, di mana penulis berusaha menggambarkan kondisi sebenarnya yang ada di PT Matahari Departemen Store Tunjungan Plasa Surabaya, kemudian dilihat apakah dengan kondisi tersebut Akuntansi Pertanggungjawaban layak diterapkan. Disini penulis melihat kenyataan bahwa, Struktur organisasi yang ada sudah memisahkan wewenang dan tanggung jawab yang jelas dan tegas, Sistem penyusunan anggaran yang disusun sudah sesuai dengan tingkatan manajemen, belum ada pemisahan biaya terkendali dan tak terkendali, Sistem akuntansinya sudah sesuai dengan struktur organisasi yang ada di perusahaan dan sistem pelaporan belum disusun sesuai dengan tingkatan manajemen.
Dengan memperhatikan kelima syarat pokok pelaksanaannya, akuntansi pertanggungjawaban sebenarnya telah digunakan di PT Matahari Departemen Store Tunjungan Plasa Surabaya hanya saja masih memerlukan beberapa pelurusan antara lain pemisahan biaya terkendali dan tak terkendali serta penyusunan pelaporan yang sesuai dengan tingkatan manajemen.

 

Keyword : APLIKASI AKUNTANSI; PENGENDALIAN MANAJEMEN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/17/jiptummpp-gdl-s1-2004-ariwisnuan-804-Pendahul-n.pdf


Keywords


APLIKASI AKUNTANSI; PENGENDALIAN MANAJEMEN