PERSEPSI AUDITOR BPKP PERWAKILAN PROPINSI JAWA TIMUR TERHADAP FAKTOR?FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEPENDENSI PENAMPILAN (In Appearance)

ARRI KUS SETYAHANDAYANI

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan opini. Penelitian ini mengambil judul ?Persepsi Auditor BPKP Perwakilan Propinsi Jawa Timur Terhadap Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Independensi Penampilan (In Appearance)?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan persepsi antara auditor yang memegang jabatan struktural dan auditor non struktural (fungsional) terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi independensi penampilan auditor BPKP Perwakilan Propinsi Jawa Timur dalam melaksanakan tugasnya.
Alat analisis yang digunakan untuk menguji perbedaan persepsi antara dua kelompok responden tersebut digunakan uji beda rata-rata dengan menggunakan U-Mann Whitney Test yang merupakan alat statistik non-parametrik.
Dalam penelitian ini diidentifikasikan empat faktor yang mempunyai pengaruh terhadap independensi penampilan (in appearance) auditor. Faktor tersebut adalah: (1) hubungan auditor dan auditee yang meliputi hubungan pribadi dan keuangan, (2) frekuensi penugasan auditor terhadap objek pemeriksaan, (3) fasilitas yang diberikan oleh auditee kepada auditor selama proses pemeriksaan, (4) besarnya penghsilan yang diterima auditor sebagai PNS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat faktor tersebut merupakan faktor yang tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap independensi penampilan auditor BPKP Perwakilan Propinsi Jawa Timur.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi antara auditor yang memegang jabatan struktural dan auditor non struktural (fungsional) terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi independensi penampilan auditor BPKP Perwakilan Propinsi Jawa Timur.

 

Keyword : Independensi Penampilan; Persepsi

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/16/jiptummpp-gdl-s1-2004-arrikusset-759-pendahul-n.pdf


Keywords


Independensi Penampilan; Persepsi