PERBANDINGAN KINERJA PERUSAHAAN SEMEN YANG GO PUBLIC (SUATU TINJAUAN DARI ASPEK KEUANGAN

Fitri Astutik

Abstract


Dalam mengukur kinerja perusahaan, tentunya bukan hal yang mudah bagi manajemen keuangan. Berbagai aspek harus dipertimbangkan dalam penilaian kinerja ini. Ada beberapa hal yang harus dikaji dalam aspek keuangan, yaitu: menilai kesehatan suatu perusahaan, mengkaji peluang-peluang investasi dan mencari pembiayaan termurah untuk peluang investasi yang ada. Dari uraian di atas maka berbagai aspek keuangan harus dipertimbangkan dalam penilaian kinerja perusahaan.
Alat ukur yang sering digunakan untuk menilai kinerja perusahaan adalah analisis rasio keuangan. Untuk mengetahui hasil analisis yang lebih baik, hasil analisis rasio keuangan harus diperbandingkan dengan analisis rasio keuangan perusahaan sejenis atau dengan analisis rasio keuangan pada periode-periode sebelumnya.
Analisa rasio keuangan sendiri merupakan suatu proses untuk membedakan laporan kedalam unsur-unsur tersebut dengan tujuan memperoleh pengertian dan pemahaman yang baik dan tepat atas laporan keuangan itu sendiri. Dari definisi di atas jelas bahwa analisa rasio keuangan merupakan suatu proses yang penuh pertimbangan dalam rangka membantu mengevaluasi posisi keuangan dan hasil operasi perusahaan pada masa sekarang dan masa lalu, hal ini bertujuan untuk menentukan estimasi dan prediksi yang paling mungkin mengenai kondisi dan kinerja perusahaan pada masa yang akan datang.

 

Keyword : Semen; Go Public


Keywords


Semen; Go Public