PENERAPAN ANALISIS DISKRIMINAN ( Z-SCORE )DAN RASIO KEUANGAN SEBAGAI INDIKATOR TINGKAT KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN PUBLIK PADA INDUSTRI OTOMOTIF DAN AFILIASINYA ( Studi Kasus pada Perusahaan Otomotif dan Afiliasinya di BEJ )

Anas Khabibi

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada delapan perusahaan otomotif dan afiliasinya dengan judul " Penerapan Analisis Diskriminan (Z-Score) dan Rasio Keuangan Sebagai Indikator Tingkat Kebangkrutan Perusahaan Publik Pada Industri Otomotif dan Afiliasinya (Studi Kasus Pada Perusahaan Otomotif dan Afiliasinya di BEJ)."
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan analisis diskriminan (z-score) digunakan sebagai indikator untuk memprediksi tingkat kebangkrutan pada delapan perusahaan otomotif dan afiliasinya dan untuk mengetahui prospek delapan perusahaan tersebut di masa yang akan datang.
Alat analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis diskriminan (z-score) yang digunakan di Indonesia dengan model Z = 0,717 X1 + 0,847 X2 + 3,107 X3 + 0,42 X4 + 0,998 X5 dan didukung rasio keuangan yang meliputi : rasio likuiditas (rasio lancar), rasio solvabilitas (rasio hutang lancar) dan rasio rentabilitas (margin laba terhadap penjualan).
Hasil perhitungan analisis diskriminan (z-score) dan rasio keuangan menunjukkan bahwa dari delapan perusahaan otomotif dan afiliasinya yang diteliti dua perusahaan diprediksikan mempunyai kinerja keuangan yang sehat, yaitu : PT. Tunas Ridean Tbk. dan PT. Andhi Chandra Automotive Tbk., sedangkan enam perusahaan lainnya diprediksikan menghadapi masalah keuangan yang serius dan kecenderungan potensi kebangkrutannya besar.
Berdasarkan kesimpulan di atas penulis dapat mengimplikasikan bahwa pihak manajemen enam perusahaan yang diprediksikan potensi kebangkrutannya cukup besar melakukan langkah-langkah restrukturisasi. Bagi investor dalam melakukan keputusan investasi harus selektif dengan menilai dari kinerja nilai z-score yang diperoleh oleh perusahaan.

 

Keyword : Analisis Diskriminan; Rasio Keuangan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/16/jiptummpp-gdl-s1-2004-anaskhabib-764-Pendahul-n.pdf


Keywords


Analisis Diskriminan; Rasio Keuangan