Penerapan Audit Sumber Daya Manusia Guna Meningkatkan Produktivitas Kerja Bagian Sumber Daya Manusia pada PTPN X Persero PG. Tjoekir di Ds. Cukir Kec. Diwek

Berdiani Dwi Apritanti

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan cara survey pada PG. Tjoekir di Jombang dengan judul ?Penerapan Audit Sumber Daya Manusia guna meningkatkan produktivitas kerja bagian Sumber Daya Manusia pada PTPN X Persero PG. Tjoekir di Ds. Cukir Kec. Diwek Kab. Jombang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penerapan Audit terhadap Sumber Daya Manusia pada PG. Tjoekir di Cukir, untuk mengetahui pengaruh Audit Sumber Daya Manusia terhadap peningkatan produktivitas kerja bagian Sumber Daya Manusia, untuk memperbaiki citra profesionalisme kerja karyawan bagian produksi yang mulai menurun, untuk mengetahui perlakuan Audit Sumber Daya Manusia dalam laporan keuangan, Untuk mengetahui manfaat dan pengaruh Audit Sumber Daya Manusia bagi pengguna laporan keuangan dalam pengambilan keputusan.
Dalam penelitian ini peneliti mengambil hipotesis yaitu diduga faktor pengetahuan, ketrampilan, kemampuan, sikap dan perilaku mempengaruhi produktifitas kerja karyawan bagian produksi pada PG. Tjoekir, diduga faktor pengetahuan, sikap dan perilaku berpengaruh dominan terhadap peningkatan produktifitas kerja karyawan bagian produksi pada PG. Tjoekir.
Tolak ukur yang digunakan untuk menguji kebenaran hipotesis yaitu jika ?Ftabel < Fhitung < Ftabel ,maka hipotesis pertama diterima,dan jika Fhitung > Ftabel atau Fhitung < --Ftabel maka hipotesis yang kedua ditolak.
Hasil perhitungan dengan menggunakan Audit Konvensional menunjukkan jumlah Rp. 9.564.093.404,00, sedangkan setelah menerapkan Audit Sumber Daya Manusia maka jumlah aktiva meningkat menjadi Rp. 9,582.202.204,00 begitu juga dengan pasiva. Peningkatan ini disebabkan adanya investasi dalam Sumber Daya Manusia sebesar Rp. 18.108.800,00 laporan laba rugi PG. Tjoekir Jombang menunjukkan jumlah Rp. 345.801.587,00 dengan Audit Konvensional sedangkan dengan menerapkan Audit Sumber Daya Manusia maka laba meningkat menjadi Rp. 363.910.387,00, hal ini disebabkan berkurangnya biaya administrasi dan umum sebesar Rp. 22.636.000,00 yang dikapitalisasikan selama % tahun. Sedangkan menguji penigkatan produktivitas kerja karyawan menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t diperoleh sebagai berikut :
Y = 0,07214 ++ 0,164 (X1) + 0,0578 (X2) + 0,0432 (X3) + 0,123 (X4)
Uji F diperoleh hasil Fhitung = 85,583
Uji t diperoleh hasil thitung X1 sebesar 0,164, X2 =0,0578, X3 =0,0432, X4 =0,123. Dari hasil analisa regresi linier berganda uji F dan uji t maka dapat disimpulkan bahwa ketrampilan berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi pada PG. Tjoekir Jombang merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan dengan nilai 0,164 sedangkan pengaruh yang paling kecil yaitu pada sikap dan perilaku sebesar 0,0432
Berdasarkan kesimpulan diatas bahwa ketampilan berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi pada PG. Tjoekir Jombang merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan. Jadi penerapan Audit Sumber Daya Manusia dapat diterapkan di PG. Tjoekir Jombang karena PG. Tjoekir Jombang memperkerjakan karyawan dalam jumlah besar.

 

Keyword : Audit Sumber Daya Manusia; Produktivitas Kerja; Berdian


Keywords


Audit Sumber Daya Manusia; Produktivitas Kerja; Berdian