PENGARUH RASIO PEMBAYARAN DEVIDEN TERHADAP HARGA SAHAM PADA SAAT PENGUMUMAN, PEMBAGIAN DAN SETELAH PEMBAGIAN DI BURSA EFEK JAKARTA

Darsono Darsono

Abstract


Penelitian ini dilakukan penulis pada PT Bursa Efek Jakarta di pojok BEJ Brawijaya dengan judul : ?PENGARUH RASIO PEMBAYARAN DEVIDEN TERHADAP HARGA SAHAM PADA SAAT PENGUMUMAN, PEMBAGIAN, DAN SETELAH PEMBAGIAN DEVIDEN DI BURSA EFEK JAKARTA?.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang diakibatkan oleh pengumuman deviden, pembagian deviden dan setelah pembagian deviden terhadap harga saham yang beredar dan pengaruh masing-masing variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap harga saham di Bursa Efek Jakarta.
Alat analisa yang digunakan dalam pengujian ada tidaknya pengaruh rasio pembayaran deviden terhadap harga saham serta variabel mana yang paling dominan pengaruhnya menggunakan analisa regresi berganda dan korelasi serta menggunakan uji t, dan uji F. Untuk mencari hubungan yang diakibatkan oleh rasio pembayaran deviden terhadap harga saham maka akan ditunjukkan dengan besarnya nilai thitung daripada ttabel dan juga besarnya nilai Fhitung daripada Ftabel
Berdasar hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa koefisien regresi berganda 6,154E-04x1 ? 7,93E-04x2 + 4,437E-05x3. Dimana pada x1 dan x2 berpengaruh positif artinya jika terjadi kenaikan rasio pembayaran deviden naik maka harga saham juga akan naik. Dan untuk x2 berpengaruh negatif artinya jika rasio pembayaran deviden naik maka harga saham akan turun. Pada uji F terhadap seluruh variabel menunjukkan hasil yang tidak signifikan, dimana Fhitung sebesar 0,19 sedangkan dengan menggunakan = 5% Ftabel sebesar 2,669. Pada uji t yang dilakukan pada variabel menunjukkan hasil yang tidak signifikan pada semua variabel pada = 5% dimana nilai thitung < ttabel.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap kenaikan harga saham adalah pada saat rasio pembayaran deviden diumumkan. Hal ini terlihat dari nilai thitung sebesar 0,056 walaupun pengaruhnya kecil sekali.
Dari hal diatas dapat disimpulkan bahwa pada saat pengumuman dapat dijadikan faktor utama dalam pengambilan keputusan berinvestasi di pasar modal selain faktor-faktor lain yang mempengaruhi.

 

Keyword : RASIO PEMBAYARAN DEVIDEN; HARGA SAHAM; BURSA EFEK JAKARTA

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/26/jiptummpp-gdl-s1-2004-darsono966-1251-Pendahul-n.pdf


Keywords


RASIO PEMBAYARAN DEVIDEN; HARGA SAHAM; BURSA EFEK JAKARTA