MANAJEMEN AUDIT UNTUK MENILAI EFEKTIFITASDAN EFISIENSI TERHADAP FUNGSI PENJUALAN PADA PR. KRETEK KALPATARU MALANG

MAULANI DIAN SARI

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada PR. Kretek Kalpataru Malang dengan judul ?Manajemen Audit Untuk Menilai Efektifitas Dan Efisiensi Terhadap Fungsi Penjualan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen audit pada fungsi penjualan di PR. Kretek Kalpataru Malang dan untuk mengetahui efektifitas dan efisiensi pada fungsi penjualan di PR. Kretek Kalpataru Malang.
Alat analisis yang digunakan untuk menilai efektifitas dan efisiensi pada fungsi penjualan adalah menggunakan pengukuran untuk pemeriksaan manajemen mencakup standar penjualan, pengendalian efektifitas penjualan dan analisis pengendalian efisiensi penjualan. Tolak ukur untuk menentukan efektifitas dan efisiensi perusahaan dilihat dari hasil pelaksanaan SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, and Threat) dengan cara mngevaluasi perencanaan, organisasi, pengendalian yang terdiri dari evaluasi atas efektifitas dan efisiensi penjualan, evaluasi sistem dan prosedur penjualan, serta evaluasi harga, produk, promosi, dan distribusi.
Dari hasil analisis standar penjualan dapat diketahui bahwa perusahaan dalam membuat anggaran penjualan berpedoman pada realisasi penjualan periode sebelumnya dan perkiraan penjualan yang akan datang. Dari analisis pengendalian efektifitas penjualan dari tahun 1999 sampai 2001 tidak tercapai, hal ini disebabkan karena pasaran sepi dan kurangnya jenis kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Dari analisis pengendalian efisiensi penjualan tidak tercapai, hal ini disebabkan karena pada tahun pada tahun 1999 terjadi kenaikan beban penjualan sebesar 6,16% pada tahun 2000 terjadi penurunan beban penjualan sebesar 1,15% dan pada tahun 2001 terjadi kenaikan beban penjualan lagi sebesar 3,03%.
Dari hasil pelaksanaan SWOT atas perencanaan, perusahaan tidak menyusun anggaran penjualan per wilayah, namun perusahaan hanya menyusun anggaran penjualan per produk. Dari evaluasi atas organisasi, sebagian dari tenaga kerja bulanan berasal dari lingkungan keluarga sendiri sehingga ada yang tidak sesuai antara tingkat atau jurusan pendidikan dengan masalah kerja yang dihadapi. Dari evaluasi atas pengendalian efektifitas penjualan adalah belum efektif karena terjadi selisih negatif dari tahun 1999 sampai 2001 sebesar (525), (66), (280). Dari evaluasi atas sistem dan prosedur penjualan yang ada dalam perusahaan telah menciptakan Sistem Pengendalian Intern yang baik, hal ini terbukti bahwa adanya pemisahan tugas antara bagian yang menerima output, mengeluarkan produk dan bagian yang melakukan pengiriman serta bagian yang melakukan pencatatan. Juga sudah terdapat prenumbering dan otorisasi atau pengesahan dari pimpinan. Dari evaluasi harga perusahaan menetapkan harga jual diatas harga dari produk perusahaan lain. Dari evaluasi produk perusahaan masih kurang banyaknya lokasi untuk penjualan rokok kretek Kalpataru Malang dan masih ada keluhan pelanggan karena produk tersebut semakin lama rasanya kurang nikmat. Dari evaluasi atas promosi penjualan perusahaan hanya melakukan promosi ditujukan kepada konsumen, yaitu dengan cara tatap muka, dengan melalui kalender yang diberikan pelanggan, dan pemasangan tanda gambar dan merk pada kendaraan bermotor milik perusahaan serta pembuatan sticker. Dari evaluasi atas saluran distribusi perusahaan hanya menggunakan saluran distribusi langsung, dilakukan dengan jalan menghubungi pihak konsumen secara langsung tanpa melalui pihak perantara atau distributor.

 

Keyword : Manajemen audit; SWOT; Efisiensi penjualan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/26/jiptummpp-gdl-s1-2004-maulanidia-1271-Pendahul-n.pdf


Keywords


Manajemen audit; SWOT; Efisiensi penjualan