ANALISIS LEVERAGE GUNA MENGEVALUASI SUMBER DANAYANG TEPAT PADA PERUSAHAAN FURNITURE PT. TWIN KEI INDONESIA PASURUAN

KURNIAWAN BAGUS ISMIADJI

Abstract


Dana dalam perusahaan merupakan salah satu faktor penting yang harus dipenuhi untuk menjalankan suatu usaha. Untuk menjaga agar produk yang dipasarkan dapat bersaing dengan produk yang sejenis, maka perlu dipikirkan pula perkembangannnya, dimasa yang akan datang termasuk masalah ekspansi usaha.
Pemenuhan kebutuhan dana dengan modal sendiri secara keseluruhan adalah tidak mudah, karena dengan mengeluarkan saham baru meyebabkan bertambahnya permasalahan terhadap pengelolaan perusahaan karena pemilik perusahaan akan bertambah. Demikian pula jika menggunakan modal dari pinjaman pihak kreditor tentunya akan menanggung sejumlah biaya bunga yang cukup besar.
PT. Twin Kei Indonesia merupakan perusahaan industri berkedudukan di Pandaan, dengan hasil produksi berupa kursi latai (floor chusin chair unleg). Berdasarkan kondisi yang ada, perusahaan sedang mengalami ketidakmampuan pemenuhan tingkat permintaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kapasitas produksi perusahaan. Untuk menghatasi permasalhan yang terjadi antara permintaan dengan realisasi produksi, perusahaan sedang mempertimbangkan suatu usulan rencana untuk melakukan investasi mesin baru, dengan melakukan pembelian atas mesin baru tersebut hal ini didsarkan pada hasil analisa terhadap tingkat perubahan EPS yang mengalami perubahan ke arah peningkatan, dimana penggunaan sumber dana yang paling menguntungkan dikaitkan dengan perubahan EPS yang terjadi adalah berasal dari kombinasi dua sumber pendanaan. Sebagai tindak lanjut dari pengembangan produk perusahaan yang sudah ada, selain tetap mempertahankan produk lama, hendaknya perusahaan juga mengembangkan produk-produk lain yang lebih bervariasi apalagi untuk menyambut era pasar bebas tahun 2003.

 

Keyword : KURNIAWAN BAGUS ISMIADJI (97620346)

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/26/jiptummpp-gdl-s1-2004-kurniawanb-1279-Pendahul-n.pdf


Keywords


KURNIAWAN BAGUS ISMIADJI (97620346)