PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK MELALUI ANALISIS BIAYA KUALITAS PADA PT. PINDAD TUREN - MALANG

NOVI PURWOTANTI

Abstract


Kualitas produk dan biaya kualitas merupakan faktor terpenting dalam menjamin keunggulan perusahaan untuk memenangkan persaingan di pasar. Hal ini disebabkan oleh sikap konsumen yang semakin kritis dan selektif untuk membuat keputusan membeli suatu produk. Sehingga secara tidak langsung perusahaan dituntut untuk menghasilkan produk yang benar-benar berkualitas tinggi dengan harga yang bersaing. Untuk mencapai kualitas yang tinggi perusahaan harus selalu melakukan perbaikan kualitas secara terus-menerus sejalan dengan pengembangan terhadap sumber daya manusia dan peralatan-peralatan yang digunakan dalam produksi.
Apabila suatu perusahaan mengabaikan kualitas dari produknya sama dengan perusahaan tersebut merusak masa depannya sendiri karena dikemudian hari nantinya perusahaan akan kehilangan pangsa pasarnya. Peningkatan kualitas dan mempertahankan kualitas memerlukan dana atau biaya yang disebut biaya kualitas. Jadi bisa dikatakan biaya kualitas adalah biaya yang dikeluarkan agar hasil dari proses produksi mempunyai kualitas yang sesuai dengan yang diinginkan atau bahkan lebih baik. Peningkatan atau penurunan kualitas mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap biaya kualitas dan biaya-biaya lain yang terlibat. Kualitas yang buruk berarti pemanfaatan sumber daya yang ada belum tepat. Hal ini melibatkan pemborosan bahan baku, tenaga kerja, waktu, peralatan, dan akibatnya melibatkan biaya yang lebih tinggi atau bisa dikatakan terjadinya pemborosan dalam perusahaan. Biaya tinggi yang terjadi, selain karena pemborosan faktor-faktor produksi juga terjadi karena pengerjaan ulang atau kerusakan produk yang harus ditanggung oleh perusahan. Dengan kualitas yang baik maka pemborosan, pengerjaan ulang dan kerusakan produk tidak akan terjadi dan biaya-biaya yang dikeluarkan akan lebih efisien.
Biaya kualitas yang dikeluarkan haruslah dilaporkan secara periodik. Hal ini sangat bermanfaat bagi manajemen perusahaan untuk digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan. Selain itu biaya kualitas digunakan untuk menambah perhatian para manajer terhadap kualitas dan juga sebagai informasi mengenai bagian atau area mana yang perlu diperhatikan secara khusus. Selama ini setiap perusahaan pasti telah memperhatikan dan berusaha untuk meningkatkan kualitasnya, tetapi banyak dari mereka yang belum melaporkan biaya kualitas sebagai laporan tersendiri yang dilaporkan secara periodik. Biasanya biaya kualitas dapat digunakan sebagai informasi yang akurat bagi perusahaan atau manajemen untuk membuat strategi atau taktik perusahaan di masa yang akan datang.

 

Keyword : Pengendalian Kualitas Produk

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/26/jiptummpp-gdl-s1-2004-novipurwot-1284-pendahul-n.pdf


Keywords


Pengendalian Kualitas Produk