PENERAPAN JUST IN TIME DALAM RANGKA MEMINIMUMKAN BIAYA PRODUKSI PADA PT. SUKOREJO INDAH TEXTILE PASURUAN

Ruli Kusuma Wijayanta

Abstract


Penelitian ini bertujuan, pertama untuk mengetahui sejauh mana metode JIT dalam waktu produksi dapat diterapkan, kedua untuk mengevaluasi aktivitas usaha yang talah dilakukan, dan terakhir adalah untuk mengetahui sejauh mana dapat diambil manfaatnya oleh perusahaan dalam pengambilan keputusan untuk perencanaan dan pengendalian aktivitas operasi dimasa mendatang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Metode penelitian deskriptif ini digunakan karena dalam penelitian ini membutuhkan data – data masukan yang sistematis, akurat, serta menyeluruh dan nantinya digunakan sebagai bahan pertimbangan perusahaan dalam memperbaiki aktivitas operasi perusahaan. Data – data masukan yang digunakan diambil dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dari perusahaan yang diteliti.
Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat diketahui bahwa perusahaan pada saat ini belum menggunakan waktu produksi secara optimal. Hal ini dapat diketahui dengan adanya waktu yang tidak bernilai tambah dalam waktu produksinya. Adanya waktu yang tidak bernilai tambah akan mengakibatkan waktu produksi yang digunakan perusahaan tidak optimal, hal ini akan mengakibatkan biaya produksi juga tidak efisien. Untuk mengatasi pemborosan dalam segi biaya dan waktu produksi, maka perusahaan dapat menggunakan pendekatan sistim produksi JIT yang bertujuan untuk mengeliminasi semua pemborosan waktu produksi, dengan semakin singkatnya waktu produksi maka biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan juga semakin kecil sehingga terjadi peningkatan MER ( Manufacturing Efficiency Ratio ) yang menandakan aktivitas produksi perusahaan dapat berjalan baik dan efisien.

 

Keyword : Meminimumkan Biaya; Penerapan Just In Time

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/26/jiptummpp-gdl-s1-2004-rulikusuma-1285-pendahul-n.pdf


Keywords


Meminimumkan Biaya; Penerapan Just In Time