EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PIUTANG USAHA PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk,KANCATEL BIMA

BUDI SYAMSUDIN

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pada PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk, KANCATEL BIMA. Judul yang penulis ambil adalah “EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PIUTANG USAHA PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk, KANCATEL BIMA”.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengendalian intern terhadap piutang yang terjadi pada PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk, KANCATEL BIMA, dan untuk mengetahui penerapan pembayaran piutang telepon yang baik melalui loket-loket PT. TELKOM dan berbagai bank yang merupakan mitra kerja perusahaan, selain itu pemberian sanksi yang tegas terhadap piutang yang menunggak.
Dalam penelitian ini, penulis mengambarkan proses pembayaran dengan menggunakan flowchart, serta melakukan analisa terhadap unsur-unsur sistem pengendalian intern yang baik, diantaranya adalah struktur organisasi yang memisahkan tugas dan tanggungjawab fungsional secara tepat, sistem wewenang dan prsedur pencatatan yang baik, praktek-praktek yang sehat dan tingkat kecakapan karyawan yang sesuai dengan tanggungjawabnya.
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk, KANCATEL BIMA telah menggunakan aplikasi komputer baik dalam proses pembayaran maupun pencatatannya sehingga pelaporannya dapat dilakukan secepatnya mengingat adanya efisiensi wkatu dan tenaga, tetapi ada beberapa yang menimbulkan kelemahan pada penggunaan aplikasi komputer, yaitu kesalahan pengimputan karena kurang ketelitian dan kesalahan operasi. Dan juga dalam praktek yang sehat, perlu melakukan pengecekan dan agar pelanggan dapat memiliki kepercayaan terhadap pelayanan PT. TELEKOMUNIKASI Tbk, KANCATEL BIMA maka pelanggan perlu perlindungan terhadap kerugian yang disebabkan oleh kecurangan-kecurangan.Dari kesimpulan tersebut maka penulis memberikan saran dalam melakukan pengamanan pendapatan perusahaan dan memberikan perlindungan pada pelanggan perlu melakukan manajemen fraud, yaitu dengan cara tindakan preventif, deteksi dan koreksi.

 

Keyword : Piutang; Evaluasi Sistem Pengendalian

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/26/jiptummpp-gdl-s1-2004-budisyamsu-1286-pendahul-n.pdf


Keywords


Piutang; Evaluasi Sistem Pengendalian