PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL BANK SEBAGAI UPAYA MENIGKATKAN LABA OPERASI PADA PT. BPR GUNUNG RINGGIT MALANG

Joni Zulkarnaen

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. BPR Gunung Ringgit Malang dengan judul “Pengendalian Biaya Operasional Bank sebagai Upaya Meningkatkan Laba Operasi pada PT. BPR Gunung Ringgit Malang “.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana pengendalian biaya yang telah dilakukan oleh pihak PT. BPR Gunung Ringgit Malang dan apakah pengendalian biaya yang telah dilkukan sudah dapat meningkatkan laba seperti yang diharapkan.
Sesuai dengan pebahasan dan tujuan penelitian serta melihat masalah yang dihadapi PT. BPR Gunung Ringgit Malang, maka jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus sedangkan dalam usaha pengumpulan data digunakan metode interview dan dokumentasi. Adapun metode kajian datanya terdiri dari metode distkriptif dan metode analitis, dalam metode ini digunakan beberapa analisa seperti : Analisa Profitabilitas yang terdiri atas Profit Margin, Return On Asset dan Return On Equity. Untuk tujuan pengendalian biaya dana menggunakan Analisa Interest Expense Ratio, Analisa Cost Of Fund, Analisa Cost Of Money dan untuk pengendalian terhadap biaya perusahaan menggunakan Analisa Leverage Multipiler, Analisa Cost Of Effisien (1) dan untuk menilai tingkat effisiensi aktivitas menggunakan Analisa Fixed Asset Turnover dan Total Asset Turnover.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengendalian biaya operasional (biaya dana dan biaya perusahaan) pada PT. BPR Gunung Ringgit Malang belum dilaksanakan dengan baik, hal ini terbukti dengan tidak stabilnya laba yang diperoleh dalam tiga tahun terakhir.
Berdasarkan kesimpulan diatas, saran yang dapat penulis berikan adalah bahwa PT. BPR Gunung Ringgit Malang harus membuat rencana kerja yang akurat dengan menggunakan suatu metode akuntansi yang relevan sehingga rencana kerja tersebut dapat digunakan untuk menilai tingkat keberhasilan dalam mencapai tujuan (profit) serta untuk pegendalian biaya dana guna meningkatkan laba penulis menyarankan menggunakan Analisa Customer Profitability serta untuk pengendalian biaya perusahaan (biaya karyawan) perusahaan hendaknya menyediakan kartu absen/mesin absen.

 

Keyword : Laba; Pengendalian Biaya

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/26/jiptummpp-gdl-s1-2004-jonizulkar-1287-pendahul-n.pdf


Keywords


Laba; Pengendalian Biaya