PENERAPAN TAX PLANNING UNTUK PAJAK PENGHASILAN SEBAGAI UPAYA UNTUK PENGHEMATAN PEMBAYARANPAJAK PADA PT SEMEN GRESIK (PERSERO), TBK

AGUSTIN KUSUMA WATI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT Semen Gresik (Persero), Tbk dengan judul ? Penerapan Tax Planning Untuk Pajak Penghasilan Sebagai Upaya Untuk Penghematan Pembayaran Pajak Pada PT Semen Gresik (Persero), Tbk. ?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manfaat penerapan perencanaan perpajakan (tax planning) bagi wajib pajak badan, hal-hal apa saja yang dapat meminimalkan jumlah pajak penghasilan yang terutang, dan membandingkan antara jumlah pajak penghasilan sebelum dan sesudah adanya perencanaan perpajakan (tax planning) ditinjau dari sisi laporan keuangan komersial dan fiskal pada PT Semen Gresik (Persero), Tbk.Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik analisis data dengan tahapan-tahapan antara lain yaitu (1) Menentukan besarnya pajak penghasilan perusahaan sebelum melakukan tax planning pajak penghasilan yang meliputi perhitungan biaya operasional yang disesuaikan dengan ketentuan pajak, laba rugi setelah koreksi fiskal dan taksiran pajak penghasilan yang terutang. (2) Mengidentifikasi biaya-biaya fiskal. (3) Menganalisis dan memecahkan masalah tax planning dengan mencari peluang penghindaran pajak dengan cara memaksimalkan biaya-biaya fiskal, yaitu dengan meningkatkan biaya-biaya yang dapat dikurangkan. (4) Analisis penerapan strategi tax planning terhadap perusahaan yang akan diteliti yang terdiri dari pengurangan PKP perusahaan melalui peningkatan penghasilan karyawan dan pemberian tunjangan PPh pasal 21 kepada karyawan.
Hasil perhitungan perencanaan pajak yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pajak penghasilan sebelum adanya tax planning sebesar Rp. 102.284.072.000 dan pajak penghasilan setelah adanya tax planning sebesar Rp. 100.500.286.000.
Dari hasil analisis yang telah dilakukan terbukti bahwa dengan adanya perencanaan pajak secara optimal akan terjadi penghematan pajak penghasilan sebesar Rp. 1.783.786.000.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya manajemen PT Semen Gresik (Persero), Tbk selalu mengikuti perkembangan peraturan perpajakan yang berlaku dan selalu berubah-ubah sehingga nantinya dapat melakukan perencanaan pajak (tax planning) secara optimal.

 

Keyword : Tax Planning; Pembayaran Pajak

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/26/jiptummpp-gdl-s1-2004-agustinkus-1289-Pendahul-n.pdf


Keywords


Tax Planning; Pembayaran Pajak