HUBUNGAN BIAYA KESEJAHTERAAN KARYAWAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII KALIREJO GLENMORE BANYUWANGI

USMAN HARIYADI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT Perkebunan Nusantara XII Kalirejo Glenmore Banyuwangi dengan judul ?Hubungan Kesejahteraan Karyawan Dengan Produktivitas Kerja pada PT Perkebunan Nusantara XII Kalirejo - Glenmore Banyuwangi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan kesejahteraan karyawan yang diberikan oleh perusahaan terhadap produktivitas kerja. karyawan sehingga diharapkan dengan adanya peningkatan kesejahteraan karyawan, produktivitas kerja akan meningkat. Berdasarkan pada permasalahan yang ada, maka penulis mengajukan hipotesis kerja yang diharapkan akan mengatasi masalah yang terjadi didalam perusahaan. adapun penulis mengajukan hipotesis sebagai berikut, ?Jika perusahaan meningkatkan kesejahteraan karyawan, maka diharapkan produktivitas kerja karyawan akan meningkat?. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis yang telah diajukan dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik analisis data dengan tahapan-tahapan sebagai berikut (1) pengolahan data dengan menggunakan analisis trend tingkat produktivitas tenaga kerja ; (2) pengolahan data dengan menggunakan analisis trend biaya kesejahteraan per karyawan ; (3) uji hipotesis dengan menggunakan rumus product moment correlation dan uji-t (t-test) antara peningkatan biaya kesejahteraan karyawan dengan produktivitas kerja dengan kriteria penerimaan H1 diterima jika t-hitung > (lebih besar) dari t-tabel yang menunjukkan hubungan antara kesejahteraan karyawan dengan produktifitas kerja signifikan. Sedangkan H0 diterima jika t-hitung < (lebih kecil) dari t-tabel yang menunjukkan hubungan kesejahteraan karyawan dengan produktivitas kejra tidak signifikan.
Dari hasil analisis yang dilakukan didapat, (1) berdasarkan hasil perhitungan korelasi diperoleh hasil 0.076 yang menunjukkan ada hubungan antara kesejahteraan karyawan dengan produktivitas kerja meskipun kecil dan arahnya positif, yang berarti jika kesejahteraan karyawan ditingkatkan, maka produktivitas kerja meningkat; (2) hasil perhitungan uji-t dihasilkan t-hitung sebesar 0,132 yang berarti lebih kecil dari t-tabel sebesar 2,353. Sehingga t-hitung yang dihasilkan terletak di daerah penerimaan H0 dan menolak H1. Dari Uji t, pengaruh kesejahteraan karyawan terhadap produktivitas kerja tidak signifikan yang berarti produktivitas kerja karyawan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor alam, operasional mesin serta keterlambatan penyediaan bahan baku, selain kesejahteraan karyawan yang diberikan oleh perusahaan.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PT Perkebunan Nusantara XII Kalirejo menyesuaikan pemberian tunjangan kesejahteraan dengan kebutuhan karyawan sehingga dapat meningkatkan semangat dan kegairahan kerja agar produktivitas kerja karyawan meningkat.

 

Keyword : Kesejahteraan karyawan; Produktivitas Kerja

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/26/jiptummpp-gdl-s1-2004-usmanhariy-1290-Pendahul-n.pdf


Keywords


Kesejahteraan karyawan; Produktivitas Kerja