PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU BERDASARKAN PENDEKATAN SISTEM JUST IN TIME( JIT )GUNA MENCAPAI EFISIENSI BIAYA PRODUK PADA PT. SUKORINTEX PASURUAN

Khoirunnisa Pane

Abstract


Penelitian ini bersifat studi kasus pada perusahaan Sukorintex Pasuruan. Judul penelitian ini adalah “PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU BERDASARKAN PENDEKATAN SISTEM JUST IN TIME PADA PT.SUKORINTEX PASURUAN”.
Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan perbandingan antara sistem perencanaan persediaan bahan baku yang selama ini diterapkan perusahaan dengan sistem perencanaan persediaan bahan baku berdasarkan konsep JIT. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem yang lebih efisien. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah konsep JIT dapat diterapkan di PT. Sukorintex Pasuruan.
Konsep JIT dilandasi oleh pemikiran bahwa setiap aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah merupakan suatu pemborosan. Persediaan bahan baku dapat menjadi salah satu pemborosan jika tidak dilakukan perencanaan yang baik terlebih dahulu. Perencanaan bertujuan agar persediaan bahan baku berada pada jumlah minimum sesuai dengan kebutuhan produksi. Salah satu manfaat konsep JIT adalah reduksi persediaan bahan baku pada tingkat minimum sehingga memperkecil dana yang tertanam.
Perencanaan persediaan bahan baku berdasarkan JIT diawali dengan menentukan prediksi penjualan tahun 2002 berdasarkan metode least square. Hasil prediksi penjualan ini berguna untuk menentukan kuantitas bahan baku yang dibutuhkan dalam suatu periode produksi. Bahan baku ini kemudian dikonversikan dalam produksi bulanan dan selanjutnya kedalam produksi harian. Setelah produksi harian diketahui ditentukan tingkat persediaan minimumnya. Disamping itu diadakan analisis faktor-faktor pendukung dan penghambat baik yang bersifat controllable maupun uncontrollable diterapkan sistem Just In time di PT. Sukorintex Pasuruan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan di PT. Sukorintex Pasuruan diketahui bahwa perusahaan belum menekankan persediaan bahan bakunya ke tingkat minimum yang sewajarnya. Pada PT. Sukorintex Pasuruan juga ditemukan beberapa faktor pendukung penerapan JIT seperti terjalinnya kontrak kerjasama jangka panjang dengan pemasok, diadakannya perbandingan antara sistem yang diterapkan perusahaan dengan sistem JIT dapat disimpulkan bahwa perencanaan persediaan bahan baku berdasarkan pendekatan JIT lebih efisien. Jika PT. Sukorintex menerapkan sistem ini maka dapat menghemat kas sebesar Rp. 341.641.440.
Berdasarkan kesimpulan diatas maka penulis menyarankan sebaiknya PT. Sukorintex Pasuruan mulai menerapkan JIT secara bertahap. Langkah yang dapat ditempuh seperti mengurangi persediaan bahan baku minimumnya ke tingkat yang wajar, yaitu hanya sebesar kebutuhan produksi selama lead time. Disamping itu perusahaan sebaiknya juga memperpendek lead time bahan bakunya.

 

Keyword : SISTEM JUST IN TIME; EFISIENSI; BIAYA PRODUK

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/8/jiptummpp-gdl-s1-2004-khoirunnis-373-pendahul-n.pdf


Keywords


SISTEM JUST IN TIME; EFISIENSI; BIAYA PRODUK