ANALISIS PENGARUH PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP VOLUME PERDAGANGAN SAHAM DI BURSA EFEK JAKARTA

Wildan Fermansyah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian studi peristiwa (event study) pada perusahaan go public dengan peristiwa pengumuman dividen terhadap volume perdagangan saham dengan judul ? Analisis Pengaruh Pengumuman Dividen terhadap Volume Perdagangan Saham di Bursa Efek Jakarta.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sebelum, pada saat, dan sesudah pengumuman dividen perusahaan go public terhadap volume perdagangan saham di Bursa Efek Jakarta.
Dalam penelitian ini, penulis mengambil tiga hipotesis, yaitu : Bahwa terdapat pengaruh sebelum pengumuman dividen, pada saat pengumuman dividen, dan sesudah pengumuman dividen terhadap volume perdagangan saham di Bursa Efek Jakarta.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui volume perdagangan saham menggunakan indikator Trading Volume Activity (TVA), sedangkan untuk mengetahui pengaruh sebelum, pada saat, dan sesudah pengumuman dividen terhadap volume perdagangan saham adalah menggunakan uji beda dua rata-rata (uji-t) dengan sampel berpasangan diperoleh dari perhitungan kemudian dibandingkan dengan nilai tabel. Kriteria untuk menjawab hipotesis adalah, jika -t tabel ? t-hitung ? t-tabel dan nilai sig (2-tailed) > a dengan (a) = 0,05 maka tidak terdapat pengaruh sebelum, pada saat, dan sesudah pengumuman dividen. Dan jika ?t tabel > t-hitung > t-tabel dan nilai sig(2-tailed) < a ,maka terdapat pengaruh sebelum, pada saat, dan sesudah pengumuman dividen.
Hasil analisa terhadap data yang dikumpulkan diketahui bahwa volume perdagangan saham sebelum pengumuman dividen tidak berpengaruh terhadap volume perdagangan saham, dan pada saat pengumuman dividen mempunyai pengaruh terhadap volume pedagangan saham, sedangkan sesudah pengumuman dividen juga mempunyai pengaruh terhadap volume perdagangan saham.
Dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa sesuai dengan tolok ukur yang digunakan, maka pada saat dan sesudah pengumuman dividen terdapat pengaruh terhadap volume perdagangan saham, sedangkan untuk sebelum pengumuman dividen tidak terdapat pengaruh terhadap volume pedagangan saham. Dengan demikian dua hipotesis dalam penelitian ini terbukti, sehingga dapat disimpulkan bahwa informasi pengumuman dividen dapat mempengaruhi volume perdagangan saham di Bursa Efek Jakarta.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat memberikan saran kepada pihak investor , yaitu alangkah baiknya memperhatikan informasi pengumuman dividen dari pihak emiten, karena informasi dividen mempunyai kandungan informasi yang cukup untuk mempengaruhi investor dalam pengambilan keputusan investasi di Pasar Modal. Sehingga diharapkan bagi pihak emiten memberikan keterbukaan dan kerelevananya dalam memberikan informasi tersebut.

 

Keyword : Dividen; Perdagangan Saham; BEJ

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/38/jiptummpp-gdl-s1-2005-wildanferm-1883-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Dividen; Perdagangan Saham; BEJ