PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ)

Ria Yudianti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengadakan pengujian secara empiris apakah kinerja keuangan perusahaan sektor perbankan secara signifikan berpengaruh terhadap harga saham jika diukur dengan rasio CAR, RORA, NPM, ROA dan LDR, dan untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan pengaruhnya terhadap harga saham.
Hipotesis dalam penelitian ini yaitu kinerja keuangan yang terdiri dari rasio CAR, RORA, NPM, ROA dan LDR secara signifikan berpengaruh terhadap harga saham, dan rasio CAR berpengaruh dominan terhadap harga saham sektor perbankan.
Alat yang digunakan untuk mengetahui apakah kinerja keuangan CAMEL berpengaruh signifikan terhadap harga saham adalah dengan menggunakan analisis regresi. Untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan CAMEL secara simultan ( bersama-sama ) digunakan uji F, sedangkan untuk mengetahui kinerja keuangan CAMEL secara parsial ( sendiri-sendiri ) dengan menggunakan uji T.
Hasil analisis dengan uji F diketahui bahwa secara simultan rasio CAR, RORA, NPM, ROA dan LDR tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Dari hasil analisis dengan menggunakan uji T, secara parsial diketahui bahwa hanya rasio CAR yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan rasio RORA, NPM, ROA dan LDR tidak berpengaruh signifikan tarhadap harga saham.

 

Keyword : harga saham; perbankan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/40/jiptummpp-gdl-s1-2005-riayudiant-1974-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


harga saham; perbankan