EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMBERIAN KREDIT STUDI KASUS BPR BKK KRADEN MENDEN BLORA

Woro Sasmitaningtyas

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PD BPR BKK dengan judul ? Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Pemberian Kredit Pada PD BPR BKK Kradenan Menden Blora?.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji sistem pengendalian intern yang diterapkan pada PD BPR BKK Kradenan Menden Blora dan untuk mengevaluasi system pengendalian intern agar sesuai dengan tujuan sistem pengendalian intern yang baik.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan data sekunder yaitu berdasarkan data kualitatif yang diperoleh dari data yang sudah ada di BPR BKK tersebut.

Teknik analisa data yang digunakan yaitu mengacu pada unsur-unsur pengendalian intern yang baik meliputi analisa struktur organisasi, analisa sistem dan prosedur pemberian kredit, analisa praktek yang sehat, analisa karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya.
Hasil evaluasi menunjukkan bahwa struktur organisasi pada BPR BKK Kradenan Menden telah memisahkan fungsi dan tugas secara tepat, system wewenang dan prosedur pencatatan dalam pemberian kredit sudah baik, praktek-praktek yang sehat dalam pemberian kredit telah dilaksanakan dengan baik dan adanya suatu tingkat kecakapan pegawai yang sesuai dengan tanggung jawab dalam usaha untuk menghindari terpusatnya kegiatan pada satu orang.

Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PD BPR BKK Kradenan Menden Blora memberikan pengetahuan lagi kepada masyarakat mengenai manfaat adanya BPR BKK tersebut.

 

Keyword : Pemberian kredit; BKK

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/47/jiptummpp-gdl-s1-2005-worosasmit-2334-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


Pemberian kredit; BKK