HUBUNGAN MODAL KERJA DENGAN TINGKAT RENTABILITAS PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG GO PUBLIC

Ninuk Nareswati

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif pada perusahaan Food and Beverage yang Go Public dengan judul ?Hubungan modal kerja dengan tingkat rentabilitas pada perusahaan Food and Beverage yang Go Public?.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan modal kerja dengan tingkat rentabilitas pada perusahaan Food and Beverage yang Go Public.
Dalam penelitian ini, penulis mengambil hipotesis, yaitu diduga ada hubungan antara modal kerja dengan rentabilitas. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi, analisis regresi sederhana, dan untuk menguji hipotesis menggunakan uji F dan uji T.

Hasil analisis menunjukkan bahwa korelasi antara modal kerja dengan rentabilitas ekonomi mempunyai angka sebesar 0.524 artinya berkorelasi secara positif. Untuk koefisien determinan antara modal kerja dengan rentabilitas ekonomi sebesar 0.275 artinya rentabilitas ekonomi dapat dijelaskan oleh modal kerja sebesar 27.5% dan sisanya sebesar 72.5% dijelaskan oleh variabel-variabel lain. Sedangkan hasil analisis uji F secara simultan diketahui bahwa modal kerja berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas ekonomi, karena nilai F hitung > F tabel (18.542>4.038). Dan hasil analisis uji T secara parsial diketahui bahwa modal kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap rentabilitas ekonomi, karena nilai t hitung > t tabel (4.306>1.676).

Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa modal kerja mempunyai hubungan ataupun pengaruh yang signifikan terhadap rentabilitas, walaupun hubungan ataupun pengaruhnya tidak begitu besar, hal ini dapat terjadi karena adanya hal-hal seperti kas yang tidak produktif, piutang yang tak tertagih atau rendahnya tingkat perputaran persediaan.

Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa perusahaan harus dapat mengoptimalkan modal kerja agar dapat meningkatkan rentabilitas.

 

Keyword : Modal kerja; Rentabilitas

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/47/jiptummpp-gdl-s1-2005-ninuknares-2336-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


Modal kerja; Rentabilitas