Department of Accounting, 2004

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

ANALISIS BIAYA PEMASARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENJUALAN PADA PT. NEWERA FOOTWEAR INDONESIA SIDOARJO

ANITA WULANDARI

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksplanasi yang dilakukan pada Perusahaan perdagangan alas kaki yang berlokasi di Jl. Permata Juanda West Wing Super Blok B 3-7, Sidoarjo, Jawa Timur, dengan judul ? Analisis Biaya Pemasaran dan Pengaruhnya Terhadap Penjualan Pada PT. Newera Footwear Indonesia Sidoarjo?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja biaya pemasaran dalam p PT. Newera Footwear Indonesia, dan untuk mengetahui pengaruh komponen-komponen biaya pemasaran terhadap penjualan.
Dalam penelitian ini hipotesis yang digunakan oleh penulis adalah biaya penjualan, biaya advertensi, biaya gudang dan pengepakan, biaya akuntansi pemasarantidak memliki pengaruh terhadap penjualan.
Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah dokumentasi. Dan alat analisis yang digunakan untuk mengetahui penerapan analisis biaya pemasaran dalam perusahaan adalah analisis biaya pemasaran menurut jenis produk dan analisis biaya pemasaran menurut daerah pemasaran, dan untuk mengetahui pengaruh biaya pemasaran terhadap penjualan digunakan alat analisis regresi linier.
Hasil analisis biaya pemasaran yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa biaya pemasaran pada tahun 2001 kurang baik. Hal ini karena sistem penjualan yang menyebar sehingga biaya pemasaran yang cukup tinggi tidak menghasilkan penjualan yang optimal sehingga laba yang diperoleh juga tidak maksimal. Pada tahun 2002 biaya pemasaran sudah mulai efisien karena pada tahun ini perusahaan sudah mulai memfokuskan penjualan pada pusat-pusat penjualan sehingga laba yang diperoleh dari penjualan juga lebih maksimal. Sedangkan pada tahun 2003 jika dilihat secara pro rata enam bulan biaya pemasaran juga sudah lebih esfisien sehingga laba yang diperoleh dari penjualan juga lebih meningkat.
Dalam analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y=-3259,41 + 121,558X1 + 0,000003211X2 - 40,311X3 +31,535X4 + e, Dari persamaan tersebut dapat diketahui jika komponen biaya penjualan,biaya advertensi, biaya gudang dan pengepakan, dan biaya akuntansi pemasaran bernilai 0 maka penjualan akan bernilai -3259,41. Dan jika biaya penjualan meningkat Rp. 1,- maka penjualan akan meningkat Rp. 121,558 , jika biaya advertensi meningkat Rp.1,- maka penjualan akan meningkat Rp.0,000003211 , jika biaya gudang ada pengepakan meningkat Rp. 1,- maka penjualan akan menurun Rp. 40,311 , jika biaya akuntansi pemasaran meningkat Rp.1,- maka penjualan akan meningkat Rp. 31,535.
Dari tabel anova hasil uji F sebesar 52000 dengan signifikansi 0,000.karena signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara komponen biaya penjualan, biaya advertensi, biaya gudang dan pengepakan, biaya akuntansi pemasaran terhadap penjualan. Berdasarkan uji F diatas maka ditolak dan diterima. Secara simultan biaya penjualan, biaya advertensi, biaya gudang dan pengepakan, biaya akuntansi pemasaran berpengaruh terhadap penjualan.
Dari tabel coefisient uji t komponen biaya penjualan sebesar 552178,5 dengan signifikansi 0,000. Karena signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya penjualan terhadap penjualan. Uji t biaya advertensi sebesar 0,252 dengan signifikansi sebesar 0,803. Karena signifikansi lebih besar dari 0,05 maka tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya advertensi terhadap penjualan. Uji t biaya gudang dan pengepakan sebesar -117634 dengan signifikansi sebesar 0,000. Karena signifikan lebih kecil dari 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya gudang dan pengepakan terhadap penjualan. Uji t biaya akuntansi pemasaran sebesar 264084,1 dengan signifikansi sebesar 0,000. Karena signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya akuntansi pemasaran terhadap penjualan.
Dan berdasarkan uji t juga ditolak dan diterima, karena biaya penjualan , biaya advertensi, biaya gudang dan pengepakan, biaya akuntansi pemasaran berpengaruh terhadap penjualan. Biaya penjualan paling signifikan berpengaruh terhadap penjualan sedangkan biaya advertensi pengaruhnya kurang signifikan terhadap penjualan. Hal ini terjadi karena penjualan melalui agen-agen lebih efektif daripada melalui promosi yang membutuhkan banyak dana.

 

Keyword : Analisis Biaya Pemasaran

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/63/jiptummpp-gdl-s1-2005-anitawulan-3136-Pendahul-n.pdf



Abstract: PDF , PS , DOC