ANALISA ANGGARAN FLEKSIBEL ATAS DASAR BIAYA STANDAR SEBAGAI ALAT PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI Studi kasus pada PT. OTSUKA INDONESIA

Diah Ekawati Hardiani

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Perusahaan OTSUKA INDONESIA dengan judul ? Analisa Anggaran Fleksibel atas Dasar Biaya Standar sebagai Alat Perencanaan dan Pengendalian Biaya Produksi?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah anggaran fleksibel yang disusun oleh PT. OTSUKA INDONESIA telah efisien.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa perusahaan dalam menyusun anggaran biaya produksi menggunakan anggaran fleksibel dengan prosentase sebesar 10% dengan kapasitas produksi berdasarkan target yang ditentukan oleh perusahaan. Perencanaan biaya produksi menggunakan anggaran fleksibel dilakukan dengan langkah-langkah : (1) penentuan kisaran relevan terhadap tingkat aktivitas, (2) penentuan biaya yang dikeluarkan, (3) penentuan pola perilaku biaya (4) pemisahan biaya semivariabel menjadi biaya tetap dan variabel menggunakan metode least square, (5) penyusunan anggaran fleksibel. Dasar penyusunan anggaran fleksibel adalah biaya standar normal. Pengendalian biaya produksi dilakukan atas dasar analisis varians, selanjutnya manajer melakukan tindakan evaluasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anggaran biaya produksi yang disusun oleh perusahaan terjadi selisih yang besar dengan realisasi biaya produksi. Berdasarkan hasil?hasil penelitian ini, dapat diberikan suatu saran bagi perusahaan dengan menggunakan prosentase yang lebih kecil dibandingkan dengan yang digunakan sekarang dan menggunakan kapasitas yang memperhitungkan kerusakan mesin, keterlambatan penyampaian bahan baku, dan kapasitas norma produksi.

 

Keyword : anggaran fleksibel; biaya standar; analisis varians

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/73/jiptummpp-gdl-s1-2005-diahekawat-3605-Pendahul-n.pdf


Keywords


anggaran fleksibel; biaya standar; analisis varians