ANALISIS PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang tergabung pada LQ 45)

DEWI AGUSTINA

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian empiris mengenai pengaruh profitability ratio yang diukur dengan Economic Value Added (EVA) terhadap return saham. Sampel dari penelitian ini diambil dengan memilih perusahaan manufaktur yang tergabung dalam LQ 45 selama periode penelitian dengan menggunakan metode purposive sampling.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengadakan pengujian secara empiris apakah EVA berpengaruh terhadap Return saham.
Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah diduga terdapat pengaruh antara Economic Value Added (EVA) terhadap Return saham.
Untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, dimana variabel bebas adalah EVA sedangkan variabel terikat adalah return saham, alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan diolah dengan menggunakan alat bantu berupa program SPSS for windows ver 11.0.
Hasil analisis menunjukkan bahwa antara EVA secara parsial tidak mempunyai pengaruh yang signifikan dengan Return saham. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung < ttabel. Hasil penelitian ini terdapat kesamaan dan tidak dengan hasil penelitian terdahulu yang menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara EVA terhadap Return saham. Ini dikarenakan perbedaan sampel dan periode penelitian dan faktor luar diantaranya faktor keadaan atau kondisi suatu negara pada saat penelitian ini dilakukan. Selain itu penelitian ini termasuk bidang penelitian sosial , hasil yang diperoleh dari setiap peneliti tidak selalu sama, bisa berubah antara peneliti satu dengan peneliti lainnya.
Berdasarkan kesimpulan diatas penulis dapat mengimplikasikan untuk peneliti selanjutnya untuk mempertimbangkan variabel-variabel lain yang lebih kuat pengaruhnya terhadap Return dan juga mempertimbangkan dalam hal pemilihan sampel dan periode penelitian untuk memberikan kesimpulan yang berbeda dengan penelitian ini.

 

Keyword : Economic Value Added (EVA); Return Saham

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/73/jiptummpp-gdl-s1-2005-dewiagusti-3606-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Economic Value Added (EVA); Return Saham