ANALISIS PENERAPAN METODE HEDGING UNTUK PENGENDALIAN HUTANG AKIBAT TRANSAKSI IMPOR PADA PT. GUDANG GARAM Tbk KEDIRI

Umi Wulandari

Abstract


Penelitian yang dilakukan oleh peneliti merupakan penelitian studi kasus yang menggunakan metode deskriptif pada PT. Gudang Garam Tbk. Kediri dengan judul ?Analisis Penerapan Metode Hedging Untuk Pengendalian Hutang Akibat Transaksi Impor pada PT. Gudang Garam Tbk, Kediri.?
Tujuan dari penelitian ini adalah utnuk membuktikan bahwa penerapan metode hedging di perusahaan bisa mengurangi atau menghindari risiko kerugian kurs yang disebabakan oleh transaksi pembelian bahan baku/pembantu dan peralatan yang pembayarannya didenominasi terhadap dollar AS
Dalam penelitian ni menggunakan tiga analisis hedging untuk menganalisa hutangnya. Pertama dengan menggunakan forward contract dengan peramalan metode PPP dan IFE. Kedua, dengan melakukan metode money market hedge dengan kas dan pinjaman domestic curency. Dan yang terakir, menggunakan leading.
Dari tiga analisis hedging yang dibahas dalam mengurang atau menghindari risiko kerugian akibat valas, penulis mengunakan metode leading pada transaksi 3 November dan 20 Desember 2000 yang memberikan tingkat efektifitas yang masing-masing sebesar Rp 1,93% dan 9,9%. Sedangkan metode money market hedge dengan kas atas transaksi tanggal 3 November dan 20 desember 2000 masing-masing memberikan tingkat efektifitas sebesar Rp 45.144.712 (1,5%) dan Rp 20.400.840 (1,5%). Sedangkan dengan menggunakan metode money market hedge dengan pinjaman sebesar Rp 98.762.103 (3,2%)
Hasil dari penggunakan dari analisis tersebut tidak semua memberikan tingkat efektifitas dalam mengurangi kerigian. Dengan kata lain tidak semua hutang di-hedge dengan analisis hedging. Misalnya, transaksi tahun 2001 dengan mengguanakan tiga analisis akan mengalami kerugiana jika perusahaan meng-hedge hutangnya karena kondisi rupiah mengalami apresiasi.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PT. Gudang Garam menggunakan metode leading dan metode money market hedge dengan mengguankan kas atau dengan pinjaman untuk tahun 2000, dimana ditahun tersebut kondisi rupiah masing-masing mengalami apresiasi.

 

Keyword : METODE HEDGING; TRANSAKSI IMPOR

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/73/jiptummpp-gdl-s1-2005-umiwulanda-3607-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


METODE HEDGING; TRANSAKSI IMPOR