ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP RETURN SAHAM (PADA PERUSAHAAN TEKSTIL YANG TERDAFTAR DI BEJ)

WARDAH WARDAH

Abstract


Penelitian ini merupakan studi empiris pada perusahaan tekstil yang terdaftar di BEJ dengan judul ?Hubungan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial terhadap Return Saham (Pada Perusahaan Tekstil yang Terdaftar di BEJ).?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kecenderungan pengungkapan tanggung jawab sosial pada perusahaan tekstil yang terdaftar di BEJ; dan untuk mengetahui hubungan pengungkapan tanggung jawab sosial dengan return saham.
Dalam penelitian ini, penulis mengambil satu hipotesis, yaitu: terdapat hubungan pengungkapan tanggung jawab sosial dengan return saham.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui hubungan pengungkapan tanggung jawab sosial dengan return saham menggunakan analisis korelasi pearson, dan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial dengan return saham menggunakan analisis regresi linier sederhana sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan uji-t (t-test) dengan kriteria Ho ditolak bila: t hitung > t tabel = Ho di terima bila: t hitung < t tabel.
Hasil perhitungan dengan alat analisis korelasi pearson adalah 0,780 angka tersebut berkorelasi positif 78% sedangkan angka signifikan 0,013 menunjukkan berkorelasi secara signifikan. Perhitungan dengan alat analisis regresi sederhana mempunyai tingkat signifikan sebesar 0,013 hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara variable indeks pengungkapan tanggung jawab sosial dengan return saham. Dari uji hipotesis diperoleh nilai t hitung 3,299 dan t tabel sebesar 2,306 maka menolak Ho dan menerima Ha.
Dari analisis korelasi dan regresi tersebut, membuktikan bahwa terdapat hubungan dan pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial dengan return saham yang signifikan. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini terbukti.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya emiten melaporkan atau mengungkapkan tanggung jawab sosial dalam laporan tahunan dengan lebih baik, dan investor sebaiknya lebih memperhatikan mengenai pengungkapan tanggung jawab sosial sebelum mengambil keputusan investasi.

 

Keyword : RETURN SAHAM

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/73/jiptummpp-gdl-s1-2005-wardah0062-3608-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


RETURN SAHAM