PENERAPAN BALANCED SCORECARD UNTUK MENGUKUR KINERJA PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) CABANG KAWI MALANG

MERRYS WIBAWANTI

Abstract


Penilaian kinerja perbankkan biasanya dilakukan pada aspek keuangan saja dengan teknik analisis CAMEL tetapi pada penelitian ini peneliti tidak hanya mengukur kinerja pada aspek keuangan saja melainkan juga pada aspek non keuangan. Untuk itu peneliti mencoba menerapkan penilaian kinerja pada aspek keuangan dan non keuangan dengan menggunakan Balanced Scorecard pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) cabang Kawi Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) cabang Kawi Malang dengan judul ?Penerapan Balanced Scorecard untuk Mengukur Kinerja pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) cabang Kawi Malang?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) cabang Kawi Malang bila diukur dengan menggunakan Balanced Scorecard.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui kinerja PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) cabang Kawi Malang bila menggunakan Balanced Scorecard yaitu: pada perspektif keuangan digunakan alat analisis CAMEL (Capital, Assets Quality, Management Risk, Earning and Liquidity) yang terdiri dari CAR, RORA, NPM, ROA, BOPO dan LDR. Pada perspektif pelanggan alat analisis yang digunakan Customer Retention, Customer Acquisition dan Customer Complain. Pada perspektif proses bisnis internal alat analisis yang digunakan Minimize Error Rate and rework serta Responsive Service. Sedangkan pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan alat analisis yang digunakan Employee Training, Employee Turnover dan absenteeism.
Secara keseluruhan kinerja PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Kawi Malang bila diukur dengan Balanced Scorecard adalah bernilai cukup baik dengan nilai skor rata-rata yang dicapai sebesar 3,25, di mana untuk perspektif keuangan dengan kriteria cukup sehat diberi skor 3, perspektif pelanggan dengan kriteria cukup sehat juga diberi skor 3, perspektif proses bisnis internal dengan kriteria baik diberi skor 4 dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan kriteria cukup baik diberi skor 3.
Berdasarkan dari hasil di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Balanced Scorecard dapat diterapkan di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) cabang Kawi Malang karena data-data yang ada sudah memenuhi kriteria dalam penilaian kinerja dari keempat perspektif dalam Balanced Scorecard. Dengan Balanced Scorecard PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) cabang Kawi Malang tidak hanya dinilai kinerjanya dari aspek keuangan saja melainkan juga dinilai dari aspek non keuangan.

 

Keyword : BALANCED SCORECARD; KINERJA

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/73/jiptummpp-gdl-s1-2005-merryswiba-3610-Pendahul-n.pdf


Keywords


BALANCED SCORECARD; KINERJA