EVALUASI DAN RELEVANSI PSAK NO. 16 DALAM PERLAKUAN AKUNTANSI AKTIVA TETAP SAPI PERAH (Studi Kasus Pada Koperasi SAE Pujon)

Machdalena Agustin Fitriasari

Abstract


Koperasi SAE Pujon merupakan Koperasi yang bergerak dibidang peternakan sapi perah, mulai dari mengelola peternakan sampai hasil susu sapi perah anggota, sampai memproduksi pakan ternak sapi perah. Sapi perah merupakan salah satu aktiva tetap yang dimiliki oleh Koperasi SAE Pujon. Sapi perah merupakan aktiva perusahaan yang dapat tumbuh dan berkembang. PSAK No. 16 yang mengatur perlakuan akuntansi aktiva tetap belum mengatur masalah aktiva tetap sapi perah secara baku. Untuk itu diperlukan perlakuan yang tersendiri menurut akuntansi yang lazim.
Penelitian ini adalah studi kasus yang dilakukan di Koperasi SAE Pujon. Teknik analisa data yang digunakan adalah 1) menentukan harga perolehan aktiva tetap sapi perah ; 2) mengidentifikasi dan mengumpulkan biaya-biaya selama masa penggunaan aktiva tetap; 3) perhitungan depresiasi aktiva tetap sapi perah dengan menggunakan metode garis lurus ; 4) penghentian aktiva ; 5) penentuan karakteristik khusus perlakuan aktiva tetap sapi perah ; 7) membandingkan perlakuan aktiva tetap sapi perah yang dilakukan oleh perusahaan dengan PSAK No. 16.
Dari penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa dalam melakukan perlakuan akuntansi aktiva tetap sapi perah pada Koperasi SAE Pujon belum sesuai dengan PSAK No. 16. PSAK No. 32 yang dapat menjadi pertimbangan dalam perlakuan akuntansi aktiva tetap sapi perah yang berhubungan dengan biaya yang ditangguhkan juga belum diterapkan oleh Koperasi SAE Pujon. Sehingga aktiva tetap sapi perah yang diukur, dicatat dan dilaporkan dalam Neraca terlalu kecil. Sedangkan biaya yang diukur, dicatat dan dilaporkan mengurangi laba terlalu besar. Karena PSAK No. 16 relevan untuk digunakan dalam perlakuan akuntansi aktiva tetap sapi perah, maka diharapkan Koperasi SAE Pujon menerapkan PSAK No. 16 dalam perlakuan akuntansi sapi perahnya. Selain itu, Koperasi SAE Pujon juga perlu mempertimbangkan PSAK No. 32 yang berhubungan dengan perlakuan akuntansi atas biaya-biaya yang dikeluarkan dalam pemeliharaan sapi perah.

 

Keyword : RELEVANSI PSAK NO.16; AKUNTANSI AKTIVA TETAP

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/73/jiptummpp-gdl-s1-2005-machdalena-3612-Pendahul-n.pdf


Keywords


RELEVANSI PSAK NO.16; AKUNTANSI AKTIVA TETAP