PREDIKSI RASIO KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG LISTING DI BURSA EFEK JAKARTA

CHOLIFAH CHOLIFAH

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat apakah rasio-rasio keuangan dapat digunakan untuk memprediksi harga saham. Perusahaan perbankan dipilih sebagai sampel karena perbankan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pasar modal.
Sampel yang digunakan diambil berdasarkan purpusive sampling. Populasi yang ada sebanyak 26 perusahaan, dan yang diambil sebagai sampel 13 perusahaan. Periode penelitian selama 3 tahun (tahun 2000-2003).
Dalam penelitian ini digunakan enam variabel independen yaitu ROE, ROE, PER, EPS, CAR dan LDR. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui kemampuan rasio keuangan dalam memprediksi harga saham adalah regresi berganda (multiple regresion). Analisis regresi berganda digunakan untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Uji F digunakan untuk menguji apakah semua rasio keuangan yang digunakan dalam penelitian ini secara simultan memepengaruhi Harga Saham perusahaan perbankan yang listing di Bursa Efek Jakarta. Sedangkan uji t digunakan untuk menguji apakah secara parsial rasio keuangan yang digunakan mempunyai pengaruh signifikan terhadap harga saham.
Dari hasil uji F didapatkan F hitung>F tabel (3.723>3.245). Hasil analisis ini menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan dari semua rasio keuangan terhadap Harga Saham. Sedang secara parsial menunjukkan bahwa rasio yang mempunyai pengaruh signifikan adalah rasio PER dan EPS (dengan tingkat signifikan 5 %) sedang variabel ROE, ROE, CAR dan LDR tidak berpengaruh terhadap Harga Saham perusahaan perusahaan perbankan yang listing di Bursa Efek Jakarta. Hal ini menunjukkan bahwa investor dalam menanamkan sahamnya memperhatikan tingkat harga saham, tingkat laba dan tingkat pendapatan per saham.
Dari keseluruhan rasio keuangan menunjukkan bahwa rasio PER mempunyai pengaruh paling dominan dibanding rasio keuangan lain, artinya Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa rasio keuangan mempunyai kemampuan memprediksi harga saham, namun tidak dapat menjelaskan secara signifikan karena dari hasil analisis didapat R2 hanya 41,1 % yang artinya pergerakan harga saham lebih banyak dipengaruhi oleh faktor diluar fundamental perusahaan (rasio keuangan). Pergerakan harga saham banyak dipengaruhi oleh psikologi pasar, tingkat suku bunga, kondisi ekonomi dan faktor non fundamental lain.

 

Keyword : Rasio Keuangan; Harga Saham; Bank; ROE; ROA; PER; EPS; CAR; LDR

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/73/jiptummpp-gdl-s1-2005-cholifah00-3614-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


Rasio Keuangan; Harga Saham; Bank; ROE; ROA; PER; EPS; CAR; LDR