ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMUNGUTAN PAJAK DAERAH PADA DISPENDA KOTA BATU

Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian Deskriptif pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Batu dengan Judul ?Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pemungutan Pajak Daerah Pada Dispenda Kota Batu?.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas-aktivitas pemungutan pajak daerah yang diterapkan pada Dinas Pendapatan Kota Batu dengan pedoman peraturan penerapan sistem dan prosedur administrasi pemungutan pajak daerah yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat dalam Kepmendagri no. 43 tahun 1999.
Tahap-tahap analisis yang dilakukan oleh penulis dalam penelitian ini adalah: 1) Mengidentifikasi aktivitas-aktivitas dalam Sistem dan Prosedur Pemungutan Pajak Daerah, yaitu: Pendaftaran dan Pendataan Wajib Pajak, Perhitungan dan penetapan besarnya pajak, Penyetoran Pajak daerah dan Penagihan; 2) Menginventarisir aktivitas pemungutan pajak daerah diatas diukur berdasarkan komponen-komponen yang ada dalam Sistem Informasi Akuntansi, yakni: Formulir, Catatan, Laporan.; 3) Mengukur keefektifan aktivitas-aktivitas Pemungutan Pajak Daerah dari; Kesesuaian pelaksanaan aktivitas dilapangan dengan Kepmendagri No. 43 tahun 1999 dan Kualitas Informasi yang dihasilkan pelaksana aktivitas-aktivitas pemungutan pajak daerah dilihat dari kreteria kelayakan informasi, yaitu; Kelengkapan, Relevan dan Aktual.
Hasil penelitian pada dinas pendapatan daerah kota Batu menunjukkan: 1) Struktur organisasi pada dinas ini belum terbentuk sesuai dengan peraturan daerah yang ditetapkan oleh walikota dalam perda no. 11 tahun 2003; 2) Aktivitas-aktivitas pemungutan pajak daerah secara keseluruhan telah mengacu dan sesuai dengan Kepmendagri no. 43 tahun 1999; 3) Informasi yang dihasilkan bidang-bidang pelaksana aktivitas-aktivitas pemungutan pajak daerah telah memenuhi kreteria kelayakan informasi .
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa aktivitas-aktivitas pemungutan pajak daerah yang terlaksana pada dinas pendapatan kota Batu sudah berjalan dengan cukup efektif.

 

Keyword : Sistem Informasi Akuntansi; Pajak

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/73/jiptummpp-gdl-s1-2005-sriwahyuni-3615-Pendahul-n.pdf


Keywords


Sistem Informasi Akuntansi; Pajak