STUDY TENTANG PENGUKURAN KINERJA DENGAN KONSEP BALANCED SCORECARD PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD)Dr. R. KOESMA TUBAN

RETNO WAHYUNI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada rumah sakit Dr. R. Koesma Hospital of Tuban?Analisis Internal Control Terhadap Penerimaan Kas dan Pengeluaran Kas rumah sakit ?Syuhada Haji? Blitar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan berbagai masalah yang berkaitan dengan pelaksanaan internal control terhadap penerimaan kas rumah sakit dan pengeluaran kas yang terjadi di rumah sakit Dr. R. Koesma Hospital of Tuban?
Dalam penelitian ini penulis menggambarkan tentang system dan prosedur penerimaan kas dan pengeluaran kas, struktur organisasi rumah sakit yang telah memisahkan tanggung jawab fungsional secara tegas, pelaksanaan praktek-praktek yang sehat dan mutu karyawan yang cakap.
Dari hasil analisis yang ada penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam penerimaan kas dan pengeluaran kas di rumah sakit Dr. R. Koesma Hospital of Tuban? telah melaksanakan pengendalian, pengendalian yang dilakukan berupa pengendalian terhadap sistem penerimaan dan pengeluaran kas yaitu dengan pemisahan pada bagian keuangan dan bagian akuntansi, adanya otorisasi atas transaksi, serta pengarsipan dokumen dan catatan atau bukti transaksi.
Penulis mengusulkan agar dalam pelaksanaan praktek yang sehat perlu adanya rotasi pegawai pada bagian keuangan.
Berdasarkan hal di atas, pihak rumah sakit dapat mengadakan pengawasan internal dengan baik, dapat menjaga keamanan harta perusahaan, keabsahan dokumen terjamin serta dapat mempersempit celah terjadinya penyelewengan.

 

Keyword : KINERJA; KONSEP BALANCED SCORECARD

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/73/jiptummpp-gdl-s1-2005-retnowahyu-3619-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


KINERJA; KONSEP BALANCED SCORECARD