PERBEDAAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERAN DAN TANGGUNG JAWAB AUDITOR

Maghfira Ekasari Hariyani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksploratory diskriftif dan bersifat survey pada Mahasiswa Akuntansi Angkatan 2001 untuk yang sudah menempuh mata kuliah auditing dan Mahasiswa Angkatan 2003 untuk yang belum menempuh mata kuliah auditing pada Universitas Muhammadiyah Malang dengan judul ? Perbedaan Persepsi Mahasiswa terhadap Peran dan Tanggung Jawab Auditor (Study Empiris pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang).
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan persepsi pada mahasiswa akuntansi yang belum menempuh mata kuliah auditing dengan mahasiswa yang sudah menempuh mata kuliah auditing terhadap peran dan tanggung jawab auditor.
Data primer berasal dari kuisioner yang diperoleh sebagai bahan penelitian yang diberikan secara langsung kepada responden. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode Stratified Random Samlping, Pengukuran kuisioner menggunakan Skala Likert, Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan Independent Sample T-test untuk sampel yang berdistribusi normal.
Penelitian ini mengambil tiga hipotesis, Ho1 ada perbedaan persepsi antara mahasiswa yang belum menerima mata kuliah auditing dan mahasiswa yang sudah menerima mata kuliah auditing terhadap peran auditor, Ho2 ada perbedaan persepsi antara mahasiswa yang belum menerima mata kuliah auditing dan mahasiswa yang sudah menerima mata kuliah auditing terhadap tanggung jawab auditor, dan Ho3 ada perbedaan persepsi antara mahasiswa yang belum menerima mata kuliah auditing dan mahasiswa yang sudah menerima mata kuliah auditing terhadap peran dan tanggung jawab auditor. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian Ho1.2.3 gagal ditolak ( Ho1,2,3 diterima ).
Kesimpulan dari hasil uji hipotesis menyebutkan bahwa ada perbedaan persepsi antara mahasiswa yang belum menerima mata kuliah auditing dan mahasiswa yang sudah menerima mata kuliah auditing terhadap peran auditor, ada perbedaan persepsi antara mahasiswa yang belum menerima mata kuliah auditing dan mahasiswa yang sudah menerima mata kuliah auditing terhadap tanggung jawab auditor ada perbedaan persepsi antara mahasiswa yang belum menerima mata kuliah auditing dan mahasiswa yang sudah menerima mata kuliah auditing terhadap peran dan tanggung jawab auditor. Arahan untuk penelitian mendatang adalah mengembangkan populasi responden agar lebih banyak dan lebih beragam dengan mengambil dari beberapa populasi kelompok masyarakat dan juga terbuka kemungkinan untuk meneliti dengan topik- topik yang sama namun dengan profesi akuntan dibidang lainnya.

 

Keyword : Persepsi; Peran dan Tanggung Jawab; Auditor

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/73/jiptummpp-gdl-s1-2005-maghfiraek-3621-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Persepsi; Peran dan Tanggung Jawab; Auditor