EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PIUTANG GUNA MENJAGA LIKUIDITAS DAN MENINGKATKAN PROFITABILITAS PADA PT. INDONESIAN MARINE SINGOSARI - MALANG

Ely Candrawati

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Indonesia Marine Boiler Division Singosari-Malang dengan judul ? Efektivitas Pengelolaan Piutang Guna Menjaga Likuiditas dan Meningkatkan Pofitabilitas ?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan piutang pada perusahaan dan untuk mengetahui pengelolaan piutang diperusahaan tersebut sudah efektif atau belum sehingga dapat menjaga likuiditas dan meningkatkan profitabilitas perusahaan.
Analisis yang digunakan oleh penulis dalam pengelolaan piutang adalah menganalisis tentang standar kredit, peryaratan kredit, serta kebijakan kredit dan pengumpulan piutang. Analisis piutang digunakan untuk mengetahui pengelolaan piutang diperusahaan apakah sudah efektif atau belum.Analisis likuiditas digunakan untuk menginterprestasikan kondisi finansial perusahaan, dan analisis Profitabilitas digunakan untuk mengimplementasikan kemampuan modal yang diinvestasikan dalam seluruh aktiva untuk menghasilkan keuntungan bersih.
Hasil perhitungan analisis piutang , bahwa pengelolaan piutang yang terjadi diperusahaan kurang efektif, sehingga menyebabkan perputaran pitang dari tahun ketahun semakin kecil, dan umur rata-rata piutang menjadi lebih lama, kerena disebabkan oleh perusahaan yang tidak memberikan potongan kepada pelanggannya.
Setelah adanya kebijakan baru yaitu dengan memberikan potongan 2% kepada pelanggannya maka perputaran piutang mengalami peningkatan, dan umur rata-rata piutang tidak terlalu lama, sehingga likuiditas perusahaan dapat terjaga yaitu sebesar 415% untuk tahun 2001, 428% untuk tahun 2002, dan 439% untuk tahun 2003 dan Profitabilitas perusahaan meningkat pula,yaitu sebesar 29,2% untuk tahun 2001, 29,3% untuk tahun 2002, dan 32,1% untuk tahun 2003.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplementasikan bahwa PT. INDOMARINE SINGOSARI-MALANG hendaknya memberikan potongan pembayaran kepada pelanggannya yang melunasi hutangnya dalam tempo tertentu, perusahaan hendaknya menyeleksi lebih ketat calon pelangganya terlebih dahulu sebelum diberikan kredit, dan perusahaan harus lebih intensif dalam melaksanakan penagihannya, supaya pelanggan dalam membayar kewajibannya tidak melebihi batas waktu yang telah ditentukan dan yang paling penting perusahaan harus menjalin hubungan baik dengan pelanggan supaya bisnis yang dijalankan perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

 

Keyword : Efektifitas pengelolaan piutang; liquiditas dan profitabilitas

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/73/jiptummpp-gdl-s1-2005-elycandraw-3622-pendahul-n.PDF


Keywords


Efektifitas pengelolaan piutang; liquiditas dan profitabilitas