ANALISIS EFEKTIFITAS PENGELOLAAN PIUTANG GUNA MENINGKATKAN RENTABILITAS (STUDI KASUS PG. NGADIREDJO KEDIRI)

BASUKI WAHYU HIDAYAT

Abstract


Penelitian ini merupakan deskriptif pada PG. Ngadiredjo Kediri dengan judul ?Analisis Efektifitas Pengelolaan Piutang Guna Meningkatkan Rentabilitas pada PG. Ngadiredjo ?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengelolaan piutang dan untuk mengkaji cara meningkatkan efektifitas pengelolaan piutang guna meningkatkan rentabilitas.
Analisis yang digunakan untuk mengetahui pengelolaan piutang yang ada di perusahaan adalah tingkat perputaran piutang perusahaan, rata-rata pengumpulan piutang dan menghitung besarnya investasi dalam piutang pada setiap periode, disamping itu juga digunakan analisa rentabulitas yaitu dengan menggunakan rentabilitas ekonomi dan rentabilitas mdal sendiri.
Hasil penelitian yang didapat adalah untuk tahun 2001, 2002 dan 2003 terjadi keterlambatan dalam pengumpulan piutang, dan dengan analisa tingkat perputaran piutang dan rata-rata pengumpulan piutang menunjukkan bahwa langganan rata-rata tidak memenuhi kewajibannya sesuai dengan waktu yang diberikan perusahaan dan besarnya investasi dalam piutang pada setiap periodenya mengalami kenaikan hal ini akan mengakibatkan kurang baiknya pengelolaan modal kerja, sedangkan analisa rentabilitas dari tahun ke tahun mengalami penurunan, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan perusahan dengan keseluruhan modal yang digunakan belum baik dalam menghasilkan modal.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, peneliti dapat memberikan saran bahwa sebaiknya PG. Ngadiredjo bisa meningkatkan rentabilitas dengan meperhatikan pengelolaan piutangnya dan melakukan penagihan secara intensif serta mengenakan denda bagi pelanggan yang lalai membayar kewajibannya.

 

Keyword : EFEKTIFITAS PENGELOLAAN PIUTANG

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/73/jiptummpp-gdl-s1-2005-basukiwahy-3623-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


EFEKTIFITAS PENGELOLAAN PIUTANG