PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN YANG GO-PUBLIC DI BURSA EFEK JAKARTA

SRI OKTIANI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada saham sektor industri pertambangan yang telah go-public di BEJ, dengan judul ?Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Go-Public di Bursa Efek Jakarta?
Tujuan penelitian ini yaitu, mengetahui perbandingan kinerja keuangan perusahaan sector pertambangan yang go public di BEJ.Perbandingan kinerja keuangan nantinya dapat memberikan inforamasi perusahaan mana yang memiliki kinerja keuangan yang paling baik.
Perbandingan kinerja keuangan dilakukan dengan membandingkan hasil analisis rasio keuangan dan rasio nilai pasar perusahaan. Analisis rasio keuangan yang digunakan antara lain: 1) rasio likuiditas; 2) rasio aktivitas;3) rasio solvabilitas; 4) rasio profitabilitas. Sedangakan rasio nilai pasar yang digunakan adalah Price Earning Ratio (PER) dan Dividen Yield. Rasio likuiditas digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban jangka pendeknya, rasio aktivitas untuk mengetahui seberapa besar efisiensi investasi pada berbagai aktiva, sedangkan rsio solvabilitas digunakan untuk menggambarkan kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban jangka panjangnya, dan rasio solvabilitas untuk mengatahui kemampauan perusahaan memperoleh laba. Price earning ratio dapat dihitung dengan rumus matematis sebagai berikut:
PER=
Sedangkan Dividen Yield memperlihatkan hubungan antara dividen kini dengan harga pasar saham. Dividen Yield dapat ditulis dengan rumus matematis berikut:

DY=

Dari penyelasaian permasalah ditemukan, bahwa kinerja keuangan perusahaan sektor pertambangan mengalami fluktuasi. Analisis rasio keuangan PT. Aneka Tambang memiliki tingkat likuiditas paling besar, profitabiliatas juga cukup baik. Sementara itu PT. Medco Energi Internasional memiliki tingkat likuiditas yang cukup baik yang sesuai dengan rasio rata-rata industrinya, dan menghasilkan prifitabiltas paling tinggi, selain itu MEDC memiliki tingkat dividen yield terbesar, sedangkan PT. Tambang Timah memiliki PER yang terbesar dengan rasio keuangan rata-rata lebih rendah dari dua perusahaan sejenis.
Berdasarkan perbandingan kinerja keuangan perusahaan sektor pertambangan dapat dilihat, bahwa PT. Medco Energi Internasional Tbk memiliki kinerja keuangan paling baik, kemudian PT. Aneka Tambang Tbk, dan PT. Tambang Timah Tbk.

 

Keyword : KINERJA KEUANGAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/73/jiptummpp-gdl-s1-2005-srioktiani-3624-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


KINERJA KEUANGAN