ANALISA SELISIH BAIAYA PRODUKSI UNTUK MENILAI TINGKAT EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PADA PT. PANTJAMITRA ICHIGODJAYA MALANG

Nunung Fatmawati

Abstract


Penelitian dilakukan pada PT. Pantjamitra Ichigodjaya yang beralamat di Jl. Laks. Adi Sucipto no. 331 Malang, yang mana perusahaan tersebut memproduksi pakaian bayi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah biaya produksi di PT. Pantjamitra Ichigodjaya Malang sudah efisien atau belum.
Jenis dan sumber data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu data yang tersedia di obyek yang diteliti; yang meliputi data anggaran dan realisasi pembelian serta pemakaian bahan baku, data anggaran dan realiasi upah tenaga kerja langsung, data anggaran dan realisasi biaya overhead pabrik.
Teknik pengumpulan data ini adalah dokumentasi yang merupakan teknis pengumpulan data yang dilakukan dengan melihat dan mencatat secara sistematis tentang laporan yang terdapat di perusahaan.
Metode analisa data yang digunakan melalui tahap-tahap yaitu pemisahan biaya overhead pabrik semi variabel kedalam biaya tetap dan biaya variabel, analisa varians biaya produksi meliputi bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik.
Hasil dari perhitungan dengan analisis varians terhadap biaya produksi terdapat selisih efisiensi sebesar 101.367.568,21 (tidak menguntungkan) dan jam kerja perusahaan yang masih belum efektif.
Dari hasil analisis varians biaya produksi tersebut menunjukkan bahwa pengendalian biaya produksi di PT. Pantjamitra Ichigodjaya Malang masih kurang efeltif dan efisien, dan perusahaan perlu mengefektifkan jam kerja perusahaan.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat menyarankan bahwa sebaiknya PT. Pantjamitra Ichigodjaya membuat fleksible budget dan lebih meningkatkan lagi pengawasan dan pengendalian terhadap biaya produksi.

 

Keyword : SELISIH BAIAYA PRODUKSI; EFISIENSI BIAYA PRODUKSI

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/73/jiptummpp-gdl-s1-2005-nunungfatm-3625-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


SELISIH BAIAYA PRODUKSI; EFISIENSI BIAYA PRODUKSI