PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN EOQ PADA PERUSAHAAN KECAP CAP “ TAWON” Fa. EKA JAYA MADIUN

IKE NIDYASARI

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan persediaan bahan baku pada Perusahaan kecap cap “Tawon” Fa. Eka Jaya Madiun serta pengendalian persediaan bahan baku yang tepat agar tercapai efisiensi dan efektivitas pada Perusahaan kecap cap “Tawon” Fa. Eka Jaya Madiun.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode analisis dan evaluasi dalam bentuk:
1.Data Kualitatif
Yaitu suatu informasi atau data yang berbentuk uraian kata-kata atau laporan yang dikumpulkan dan dianalisis kemudian ditarik kesimpulan.
2.Data Kuantitatif
Yaitu suatu informasi yang berhubungan atau berbentuk angka-angka yang dikumpulkan, kemudian ditarik kesimpulan dengan cara membandingkan antara data atau informasi satu dengan yang lain dengan perhitungan-perhitungan yang bersifat kuantitatif.
Analisis evaluasi tersebut adalah untuk mengetahui apakah dengan menganalisis pelaksanaan pengendalian persediaan bahan baku dapat diketahui adanya penyimpangan- penyimpangan. Langkah-langkah dalam pelaksanaan pengendalian adalah dengan menetapkan jumlah pembelian yang ekonomis, jumlah persediaan minimal, menetapkan jumlah persediaan maksimum, dan menetapkan Reorder Point.
Dari hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa dengan perencanaan dan pengendalian persediaan bahan baku yang cermat akan tercapai efisiensi dan efektivitas persediaan bahan baku,sehingga penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dapat diminimalkan.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya perusahaan kecap cap “Tawon” Firma Eka Jaya Madiun meningkatkan perencanaan dan pengendalian persediaan bahan baku yang cermat, sehingga penyimpangan antara rencana dan realisasi dapat diminimalkan.

 

Keyword : PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN; BAHAN BAKU; EOQ

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/34/jiptummpp-gdl-s1-2004-ikenidyasa-1670-Pendahul-n.PDF


Keywords


PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN; BAHAN BAKU; EOQ