ANALISIS PERBEDAAN RETURN SAHAM ANTARA SEBELUM DAN SESUDAH PEMECAHAN SAHAM PADA PERUSAHAAN GO PUBLIK YANG LISTING DI BEJ

Mansur Mansur

Abstract



Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif pada Perusahaan Go Publik yang Listing di Bursa Efek Jakarta dengan judul “ Analisis Perbedaan Return Saham Antara Sebelum Dan Sesudah Pemecahan Saham Pada Perusahaan Go Publik Yang Listing Di BEJ”.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan return saham anata sebelum dan sesudah pemecahan saham pada perusahaan go publik yang listing di BEJ.
Dalam penelitian ini mengambil dua hipotesis, yaitu: return saham setelah pemecahan saham berbeda secara signifikan dengan return saham sebelum pemecahan saham, dan abnormal return saham setelah pemecahan saham berbeda secara signifikan dengan abnormal return saham sebelum pemecahan saham.
Dalam penelitian ini alat analisis yang dipergunakan adalah metode statistik yang menggunakan program SPSS dan EXCEL serta penghitungan secara manual menggunakan rumus perhitungan statistik yang meliputi perhitungan return saham, perhitungan return yang diharapkan, dan perhitungan abnormal return saham. Sedangkan untuk menguji apakah terdapat pengaruh yang signifikan perbedaan return saham dan abnormal return antara sebelum dan sesudah pemecahan saham, peneliti menggunakan analisis uji beda (t-test). Tolok ukur untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan perbedaan return saham dan abnormal return antar sebelum dan sesudah pemecahan saham yaitu dengan membandingkan antara t hitung dengan t tabel. Jika t hitung < t tabel mka tidak ada pengaruh dan jika t hitung > t tabel dinyatakan terdapat pengaruh terhadap return saham dan abnormal return antara sebelum dan sesudah pemecahan saham.
Hasil perhitungannya dapat diketahui hasil return saham menunjukkan bahwa t hitung (2,521) > t tabel 5% (1,96) sedang untuk abnormal return menunjukkan bahwa t hitung (2,416) > t tabel 5% (1,96).
Dari hasil analisis uji beda (t-test), sesuai dengan tolok ukur yang dipergunakan maka dinyatakan bahwa return saham dan abnormal return saham antar sebelum dan sesudah pemecahan saham berbeda secara nyata.

 

Keyword : saham; go public

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/7/jiptummpp-gdl-s1-2004-mansur9762-301-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


saham; go public