ANALISIS KELAYAKAN PENAMBAHAN MESIN BARU GUNA MENINGKATKAN PRODUKSI PADA PT. MENTARI MASSEN TOYS INDONESIA JOMBANG

Andi Andi

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Mentari Massen Toys Indonesia Jombang dengan judul “Analisis Kelayakan Penambahan Mesin Baru Guna Meningkatkan Produk Pada PT. Mentari Massen Toys Indonesia Jombang.”
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah analisis kelayakan mampu membantu manajemen dalam mengambil keputusan dalam penambahan aktiva tetap (mesin) ditinjau dari aspek pasar dan aspek keuangan; dan untuk mengetahui apakah kebijaksanaan investasi aktiva tetap dapat diterima atau ditolak pada PT. Mentari Massen Toys Indonesia Jombang.
Adapun analisis yang digunakan untuk mengetahui layak atau tidaknya pengambilan keputusan investasi aktiva tetap adalah dengan menggunakan metode Net Present Value (NPV) yaitu untuk menghitung nilai sekarang penerimaan-penerimaan kas besih dimasa yang akan datang. Apabila NPV > 0 maka investasi menguntungkan. Metode yang kedua adalah Internal Rate of Return (IRR) yaitu metode pemilihan alternatif aktiva tetap dengan cara mencari tingkat prosentase pengembalian pada saat NPV = 0. Dan metode yang ketiga adalah Payback Period (PP) yaitu periode yang dibutuhkan untuk menutup kembali investasi yang dikeluarkan. Apabila waktu pengembalian investasi lebih pendek yang direncanakan maka proyek menguntungkan. Yang keempat adalah Average Rate of Return (ARR) yaitu untuk mengukur berapa tingkat keuntungan rata-rata yang diperoleh dari suatu investasi . Jika ARR > dari biaya modal maka investasi diterima dan jika ARR < dari biaya modal maka investasi ditolak. Dan yang kelima adalah metode Profitability Indeks (PI) yaitu rasio antara Present Value Proceed dengan Present Vaue of lay. Investasi dapat diterima jika nilai PI > 1, dan jika PI < 1 maka proyek tersebut ditolak.
Hasil perhitungan dengan menggunakan metode NPV menghasilkan NPV positif sebesar Rp. 26.279.443.127,- Sedangkan hasil perhitungan dengan menggunakan metode IRR diketahui sebesar 60,5% lebih besar dari Cost of Cafital sebesar 17,72%. Dengan menggunakan metode PP untuk periode pengembalian investasi diperoleh 1 tahun lebih 9 bulan. Yang berati bahwa pngembalian investasi lebih cepat dari periode yang disyaratkan. Dengan menggunakan metode ARR diperoleh nilai sebesar 70,62% lebih besar dari biaya modal. Dan dengan menggunakan metode PI diperoleh nilai sebesar 3,25 ini berarti investasi layak untuk dilaksanakan karena lebih besar dari satu.
Dari hasil anaisis NPV, IRR, PP, ARR dan PI sesuai dengan tolak ukur yang digunakan, maka pengembalian keputusan terhadap investasi penambahan aktiva tetap (mesin) layak dilaksanakan karena akan menguntungkanbagi perusahaan selain itu permintaan konsumen akan terpenuhi.

 

Keyword : NPV; analisis kelayakan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/7/jiptummpp-gdl-s1-2004-andi986200-302-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


NPV; analisis kelayakan