PEMERIKSAAN OPERASIONAL GUNA MENILAI EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS BAGIAN PENJUALAN (STUDI KASUS PADA PT. SULING MAS GROUP NGUNUT TULUNGAGUNG)

Nur Indah

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Perusahaan Kacang Shanghai Suling Mas berlokasi di Ngunut Tulungagung, dengan judul “Pemeriksaan operasional guna menilai efisiensi dan efektivitas bagian penjualan”. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk menilai efisiensi dan efektivitas serta upaya untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pada bagian penjualan.
Analisis yang dilakukan untuk menilai efisiensi yaitu dengan analisis rasio keuangan. Dari analisis tersebut diketahui bahwa perusahaan sudah efisien dalam operasional penjualan. Hal itu dibuktikan dengan penurunan operating ratio, peningkatan gross margin ratio dan perputaran piutang yang normal.
Analisis yang digunakan untuk menilai efektivitas yaitu dengan analisis varians. Dari analisis tersebut diketahui bahwa perusahaan belum efektif dalam operasional penjualan. Hal itu didasarkan pada adanya selisih yang material antara anggaran penjualan yang telah ditetapkan dengan realisasi penjualan yang sebenarnya. Target penjualan tidak tercapai dari tahun ke-tahun, jika ditinjau dari rumus efektivitas dimana realisasi penjualan di atas atau sama dengan penjualan yang dianggarkan.
Berdasarkan penelitian dan hasil analisis yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan:
1. Perusahaan perlu menambah kegiatan promosi guna mengenalkan produk kepada konsumen.
Promosi yang dilakukan adalah pembuatan iklan melalui radio.
2. Perusahaan perlu menambah saluran distribusi, dengan pembentukan agen pada daerah yang potensial.
? Produsen ? Agen ? Pengecer ? Konsumen.
Dengan alternatif pemecahan masalah diharapkan dapat bermanfaat dan meningkatkan efektivitas sehingga dapat meningkatkan volume penjualan dan menaikkan keuntungan perusahaan.

 

Keyword : penjualan; produsen

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/6/jiptummpp-gdl-s1-2004-nurindah00-279-Pendahul-n.PDF


Keywords


penjualan; produsen