PEMERIKSAAN MANAJEMEN ATAS FUNGSI PERSONALIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PADA PG WONOLANGAN PROBOLINGGO

Euis Noordiana Hartanti

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan judul “Pemeriksaan Manajemen Atas Fungsi Personalia Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Pada PG Wonolangan Probolinggo”. Penelitian ini dilakukan karena SDM adalah penggerak aktivitas (yang menjalankan dan mengontrol segala aktivitas) yang ada pada suatu organisasi/perusahaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas fungsi personalia serta kesesuaian aktivitas dengan ketetapan perusahaan.
Sesuai dengan tujuan penelitian, maka analisis yang digunakan adalah membandingkan antara RKAP atau program kerja atau kebijakan dengan realisasinya. Tahap pertama adalah mengadakan pemeriksaan pendahuluan, yaitu dilakukan dengan cara wawancara, kuisioner dan dokumentasi untuk mencari informasi yang berhubungan dengan PG Wonolangan. Tahap kedua adalah pemeriksaan lanjutan, yaitu melaksanakan pemeriksaan dengan membandingkan bukti-bukti yang telah diperoleh pada pemeriksaan pendahuluan. Tahap ketiga adalah menganalisis dan mengevaluasi hasil temuan yang didapat dari tahap sebelumnya. Tahap keempat adalah rekomendasi yaitu memberikan saran berdasarkan hasil dari pemeriksaan dan analisis yang telah dilakukan.
Seksi personalia sebagai bagian dari SDM pada PG Wonolangan telah efektif dalam melaksanakan aktivitasnya sesuai dengan ketetapan perusahaan, ini terbukti dari ke-6 program kerja yang ada telah dilaksanakan dan mendapatkan nilai A (lampiran 8). Tetapi ada sedikit permasalahan dengan berkurangnya jumlah karyawan mengakibatkan tingginya jam kerja lembur, yang berakibat pada tingginya gaji karyawan.
Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian, peneliti memberikan beberapa saran yaitu mengoptimalkan karyawan yang ada, tetapi jika masih mengakibatkan tingginya jam lembur maka perusahaan hendaknya mengangkat karyawan tetapi bukan karyawan tetap, dan meningkatkan mutu karyawan dengan pelatihan serta menambah fasilitas penunjang supaya dapat mengikuti perkembangan jaman.

 

Keyword : personalia; program kerja

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/6/jiptummpp-gdl-s1-2004-euisnoordi-293-Pendahul-n.PDF


Keywords


personalia; program kerja