ANALISIS RASIO KEUANGAN SEBAGAI ALAT PENILAIAN KINERJA PADA PT. PERFECTAS KOTA MALANG

Sunchoko Duta Pakshiraka

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT.Perfectas, kota Malang dengan judul “Analisis Rasio Keuangan Sebagai Alat Penilaian Kinerja PT.Perfectas Kota Malang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan dan perkembangan perusahaan dan perkembangan perusahaan dengan menganalisis pos-pos neraca dan laba rugi serta untuk memberikan gambaran bahwa analisis rasio keuangan dapat digunakan sebagai alat untuk menilai kinerja keuangan perusahaan.
Alat analisis rasio yang digunakan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan dan perkembangan perusahaan, penulis mengambil alat-alat analisis rasio keuangan seperti; analisis rasio likuiditas untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi jangka pendeknya, analisis rasio leverage mengukur seberapa jauh perusahaan dibiayai dengan hutang, analisis rasio aktivitas digunakan untuk mengukur tingkat keefektifan perusahaan dalam memanfaatkan sumberdayannya, dan analisis rasio profitabilitas digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba selama periode tertentu.
Hasil perhitungan dengan alat analisis rasio-rasio keuangan menunjukan untuk analisis rasio keuangan likuiditas menunjukan kondisi keuangan yang baik, untuk analisis rasio aktivitas juga sudah dikatakan cukup baik untuk analisis rasio profitabilitas menunjukan kefektifan dalam melakukan kegiatan operasional.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa sebaiknya perusahaan untuk memperkecil investasi dalam bentuk persediaan dan memperhatikam angka-angka rasio yang belum sesuai.

 

Keyword : rasio keuangan; likuiditas

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/7/jiptummpp-gdl-s1-2004-sunchokodu-310-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


rasio keuangan; likuiditas