PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENILAIAN PRESTASI KERJA PADA MANAJER PRODUKSI PT. MECO MALANG

Citra Ariany

Abstract


Penelitian ini bersifat deskriptif yang dilakukan pada PT. MECO Malang, dengan judul “Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Penilaian Prestasi Kerja Pada Manajer Produksi PT. MECO Malang”.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat penilaian kinerja manajer produksi PT. MECO Malang.
Dalam penelitian, penulis melakukan menganalisa struktur organisasi, sistem penyusunan anggaran, penggolongan biaya dan kode rekening, pelapora biaya dan penilaian prestasi.
Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa (1) Dalam struktur organisasi masih ada perangkapa tugas didalamnya mengenai siapa yang bertaggungjawab atas pembelian bahan baku dan penyimpanan barag jadi, walaupun didalamnya terdapat batasan wewenang dan taggungjawab dengan jelas. (2) Dalam penyusunan anggaran maajer produksi belum mengikutsertakan bawahan. (3) Klasifikasi biaya dan kode rekeing telah terdapat pada PT. MECO tetapi perusahaan belum menggolongkan biaya terkendali dan tidak terkendali. (4) Dari segi efisiensi maka prestasi manajer dapat dikatakan baik walaupun.
Berdasarkan hasil analisis maka dapat diambil kesimpulan bahwa PT. MECO Malang dapat menerapkan akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat penilaian prestasi kerja manajer.

 

Keyword : prestasi kerja; produksi

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/6/jiptummpp-gdl-s1-2004-citraarian-297-Pendahul-n.pdf


Keywords


prestasi kerja; produksi