Pemeriksaan Operasional Fungsi Produksi pada PT. Wonokoyo Jaya Corporindo di Kabupaten Malang

Zulkarim Salampessy

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan industri peternakan dengan judul “Pemeriksaan Operasional Fungsi Produksi pada PT. Wonokoyo Jaya Corporindo di Kabupaten Malang”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kinerja fungsi produksi telah dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya, dengan ukuran efisiensi dan efektifitas serta mengidentifikasi kendala-kendala yang menghambat proses produksi untuk direkomendasikan kepada pihak manajemen, sehingga dapat diambil tindakan koreksi atau perbaikan.
Dalam mengevaluasi perencanaan dan pengendalian proses produksi pada PT. Wonokoyo Jaya Corporindo di Kabupaten Malang, ditemukan bahwa rencana yang dibuat oleh fungsi produksi harus mendapat persetujuan terdahulu dari pimpinan perusahaan untuk memperkecil terjadinya kesalahan. Kemudian di dalam melaksanakan kegiatan produksinya, perusahaan berpedoman pada anggaran produksi yang ditetapkan sebelumnya. Dalam membuat perencanaan, fungsi produksi selain memperhatikan hasil hasil penjualan dan standarnya memperhatikan proses produksi itu sendiri dengan baik, sehingga perusahaan terhindar dari kerugian. Dari evaluasi di atas penulis menilai proses produksi sudah dilaksanakan secara efektif dan efisien.
Untuk mengetahui apakah suatu perusahaan mencapai tujuan produksinya atau kinerja produksi dilaksanakan secara efektif dan efisien, maka penulis melakukan analisis dengan menerapkan tahap-tahap pemeriksaan operasional, yaitu tahap pendahuluan, tahap penelitian lapangan, tahap penyusunan program pemeriksaan, tahap pemeriksaan serta tahap pelaporan dan tindak lanjut.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan untuk mengukur efisiensi dan efektifitas produksi pada PT. Wonokoyo Jaya Corporindo di Kabupaten Malang. Ditemukan hasil sebagai berikut: terdapat efektifitas hasil produksi sebesar 96% dengan selisih 4%, terdapat efektifitas penggunaan bahan baku sebesar 95% dengan selisih 5%, kwalitas produksi sebesar 95% dengan selisih 5%, kwalitas produksi sebesar 0,46% dinilai masih rendah, produktivitas tenega kerja yang cukup baik, yaitu 0,23 Box/ jam, dan terdapat efisiensi biaya bahan baku 98%, biaya tenaga kerja langsung 104% serta biaya overhead pabrik 0%.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, penulis mengambil kesimpulan bahwa kinerja fungsi produksi sudah dilaksanakan secara efektif dan efesien, sementara sampai saat ini PT. Wonokoyo Jaya Corporindo di Kabupaten Malang belum melaksanakan pemeriksaan operasional secara keseluruhan dan berkala terhadap terhadap fungsi produksinya. Kemudian di dalam melaksanakan aktivitas produksinya perusahaan berpedoman pada anggaran produksi yang telah ditetapkan sebelumnya.

 

Keyword : proses produksi; over head

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/6/jiptummpp-gdl-s1-2004-zulkarimsa-298-Pendahul-n.pdf


Keywords


proses produksi; over head