TINGKAT EFEKTIFITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PENGENDALIAN OPERASIONAL PRODUKSI PADA PT. PG. KREBET BARU MALANG

Bagus Indra Purnomo

Abstract


Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pola studi pustaka yang bertujuan membandingkan dan menggambarkan kejadian yang ada dilapangan dengan teori yang ada di buku dan disajikan kepada pembaca. Penelitian dilakukan di PT. Pabrik Gula Krebet Baru yang berlokasi di Desa Krebet kecamatan Bululawang Malang dengan mengambil judul “TINGKAT EFEKTIFITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PENGENDALIAN OPERASIONAL PRODUKSI PADA PT. PG. KREBET BARU MALANG”
Tujuan penelitian ini adalah Ingin mengetahui dan mempelajari sistem informasi akuntansi yang ada pada PT. PG. Krebet Baru Malang dan untuk mengetahui sejauhmana efektifitas sistem informasi akuntansi dalam pengendalian operasional produksi pada PT. PG. Krebet Baru Malang.
Berdasarkan penelitian awal yang penulis lakukan, maka dapat dikemukakan perumusan masalah sebagai berikut : Bagaimana sistem informasi akuntansi terhadap operasi produksi yang ada pada PT. PG. Krebet Baru Malang ? dan sejauh mana tingkat efektifitas sistem informasi akuntansi dalam pengendalian operasional produksi pada PT. PG. Krebet Baru Malang ?
Untuk mengetahui apakah sistem pengendalian terhadap sistem operasional produksi pada PT. PG. Kerebet Baru berjalan dengan baik, maka dapat dianalisis berdasarkan sistem informasi akuntansi yang diterapkan pada sistem produksi sebagai berikut : Analisis struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab dan wewenang secara tegas, Analisis sistem akuntansi yang diterapkan pada prosedur produksi, Analisis sistem pelaporan kepada manajer yang bertanggung jawab, Analisis laporan biaya produksi 1999-2001 dan laporan hasil produksi 1999-2001 agar dapat dianalisis dan diketahui apakah sistem informasi akuntansi yang diterapkan pada sistem operasi produksi yang dilaksanakan sudah efektif atau belum efektif.
Dari hasil analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa proses produksi yang dilaksanakan bagian produksi kurang efektif karena perangkapan tugas yang dilakukan oleh bagian pabrikasi yakni tugas perencanaan produksi dan yang seharusnya dilaksanakan seksi perencanaan tetapi dilaksanakan oleh bagian pabrikasi dan kurangnya pengawasan pada saat pelaksanaan oprasional dan pelaksanaan produksi karena selama ini pengawasan dilakukan langsung oleh administratur pada hal, ini merupakan tugas bagian pengawas produksi selain itu dikarenakan oleh faktor alam, sebab proses produksi yang dilaksanakan oleh pabrik gula tidak secara kontinyu dalam hal ini sepanjang tahun melainkan pada saat musim panen saja tetapi secara efisiensi kinerja bagian produksi sudah baik.

 

Keyword : sistem akutansi; operasional produksi

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/6/jiptummpp-gdl-s1-2004-bagusindra-299-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


sistem akutansi; operasional produksi