ANALISA SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN PADA PT. GANGSAR TULUNGAGUNG

Anwar Anwar

Abstract


Pada era persaingan global yang sedang berkembang saat ini mendorong tumbuhnya perusahaan baik dari dalam maupun luar negeri. Perusahaan-perusahaan yang tumbuh dan berkembang tersebut memiliki tujuan sama yaitu untuk memperoleh laba sebesar-besarnya. Dalam usaha untuk memperoleh laba tersebut diperlukan adanya sistem pengendalian intern yang baik pada tiap bagian yang turut serta dalam proses untuk memperoleh laba. Berdasarkan pada hal tersebut maka penulis mengangkat penelitian mengenai sistem pengendalian intern yang memfokuskan pada bagian penggajian dan pengupahan dengan Judul “Analisa Sistem Pengendalian Intern Penggajian dan Pengupahan pada PT Gangsar Tulungagung”.
Alasan penulis memilih judul tersebut karena penggajian dan pengupahan merupakan hal krusial pada hubungan antara perusahaan dengan karyawan. Apabila sistem pengendalian intern penggajian dan pengupahan tidak berjalan dengan baik maka akan menimbulkan ketidakpuasan para karyawan yang mengakibatkan pada menurunnya kinerja mereka. Penurunan kinerja ini akan mengakibatkan pula penurunan pada tingkat perolehan laba perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji sistem pengendalian intern terhadap penggajian dan pengupahan pada PT. Gangsar sehingga dari kajian tersebut dapat diperoleh hal-hal yang bisa digunakan untuk menunjang tercapainya tujuan sistem pengendalian intern.
Penelitian ini menggunakan analisa deskriptif, yaitu penulis berusaha untuk menggambarkan permasalahan yang berhubungan dengan penelitian dan berusaha untuk mencari penyelesaian terhadap permasalahan tersebut. Penyelesaian masalah ini dibuat dengan tujuan untuk menghindarkan perusahaan dari dampak negatif yang terjadi pada masalah penggajian dan pengupahan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan telah mempunyai struktur organisasi yang memenuhi syarat. Dampak dari adanya struktur organisasi yang memenuhi syarat ini maka perusahaan telah mampu untuk melaksanakan otorisasi wewenang dengan efektif sehingga pada penggajian dan pengupahan dapat melakukan praktek yang sehat dan di dalamnya terdapat bagian yang kompeten berkaitan dengan hal tersebut.
Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa perusahaan telah memiliki sistem pengendalian intern yang baik sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan utamanya yaitu memperoleh laba.

 

Keyword : penggajian; pengupahan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/6/jiptummpp-gdl-s1-2004-anwar97620-300-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


penggajian; pengupahan